Humas Padangpariaman Buat Rubrik Khusus Angkat Potensi Nagari

Foto: istimewa
Paritmalintang - Pemkab Padangpariaman akan mengangkat potensi setiap nagari melalui rubrik khusus yang dikelola oleh Baguan Humas dan Protokoler Padangpariaman.

Menurut Kabag Humas dan Protokoler Padangpariaman, Anton Wira Tanjung, banyak potensi nagari yang belum terangkat ke permukaan. Padahal menurut dia, dari 103 nagari di Padangpariaman punya potensi dan keunggulan masing-masing.

"Tiap nagari punya potensi masing-masing. Ada pariwisata, sentra kelapa, kuliner, agro wisata dan berbagai komoditi unggul lainnya," ujar Anton Wira Tanjung di Paritmalintang, Jumat (19/6).

Selain potensi sumber daya alam, imbuh Anton, tokoh lokal di nagari juga perlu diketahui publik karena banyak di antara mereka merupakan walinagari berprestasi.

"Contohnya sentra pertanian buah jambu biji oleh masyarakat Nagari Lareh Nanpanjang. Di masa pandemi Covid-19, nagari tersebut justru panen permintaan jambu biji merah," sambungnya.

Oleh sebab itu pihaknya mulai melihat apa saja yang dilakukan perangkat nagari untuk memajukan sektor unggulan di nagari mereka.

"Ini untuk contoh bagi walinagari lainnya. Seperti Walinagari Lareh Nanpanjang Selatan yang membuat program wisata agro jambu biji. Kita juga telah buatkan profil walinagarinya," tuturnya.

Ia mengajak masyarakat berpartisipasi memberitahukan potensi nagarinya masing-masing untuk diangkat oleh pihaknya. Partisipasi masyarakat bisa dikirimkan via email humaspdpariaman@gmail.com atau melalui WhatsApp 085272379122.

"Ini sekaligus imbauan Bupati Padangpariaman agar menyebarluaskan informasi dan potensi nagari ke ranah publik sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik," pungkas mantan kepala sekretariat Bawaslu Padangpariaman itu. (Tim/OLP)