Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Berkat 1 Keluarga 1 Sarjana, Genius Umar Raih Walikota Entrepreneur Award

4 Desember 2019 | 4.12.19 WIB Last Updated 2019-12-04T12:14:29Z
Genius Umar bersama dengan Walikota lain di indonesia, menerima penghargaan Walikota Enterpreneur Award 2019 di Ritz Carlton Pacifik Place, Jakarta, Rabu. Foto: Junaidi
Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar terima anugerah Walikota Entrepreneur Award 2019 pada Regional Leader Entrepreneur Award 2019, Jakarta, Rabu (4/12).

Regional Leader Entrepreneur Award 2019 diinisiasi oleh Mark Plus Inc - perusahaan layanan profesional terkemuka di Asia Tenggara yang melayani perusahaan dan individu di bidang konsultasi, riset pemasaran, pendidikan, dan komunitas media.

Penjurian Walikota Entrepreneur Award dilakukan oleh Philip Kotler Center, for ASEAN Marketing dengan mengacu pada penilaian kinerja Genius Umar oleh Kementerian Dalam Negeri.

Founder and Chairman, Mark Plus Inc, Hermawan Kertajaya, mengatakan bahwa masa penjurian untuk memilih Walikota Entrepreneur Award cukup lama.

“Penetapan dilakukan setelah penjurian panjang dan melalui audiensi langsung dengan Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) dan klarifikasi dengan tim Ditjen Otda, terkait lama menjabat dan pencapaian minimal status tinggi untuk penilaian kinerja Kemendagri,” kata dia.

Berdasarkan penilaian tersebut, sebut dia, Philip Kotler Center for ASEAN Marketing menyatakan bahwa Genius Umar berhak menjadi penerima Walikota Enterpreneur Award 2019.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan bahwa Pariaman meski sebagai kota kecil dari ratusan provinsi, kabupaten/kota yang ada di Indonesia, mampu bersaing dengan para gubernur, walikota dan bupati dari seluruh Indonesia terutama dalam inovasi pendidikan.

“Kami mengucapkan apresiasi atas penghargaan yang telah diberikan kepada kami. Dengan terobosan bidang pendidikan yang kami lakukan, yaitu Program Saga Saja (Satu Keluarga Satu Sarjana) dengan memberikan beasiswa kepada warga tidak mampu untuk tetap dapat kuliah yang seluruh biayanya ditanggung oleh APBD,” kata Genius.

Ia berharap, program tersebut dapat mengentaskan kemiskinan di Kota Pariaman. Program itu diharapkannya mampu mengilhami daerah lain untuk meningkatkan kinerja di bidang pendidikan.

Doktor ilmu kebijakan publik dari IPB ini mengatakan bahwa saat ini Kota Pariaman sedang bergerak untuk menjadi salah satu kota kunjungan wisata yang di Indonesia. Pada 14 Desember mendatang, Kota Pariaman juga ditunjuk sebagai tuan rumah Hari Nusantara Nasional 2019 yang rencananya akan dibuka oleh Presiden Jokowi.

Dalam hal itu Genius Umar menginginkan Kota Pariaman mampu berbicara banyak di pentas nasional. Kota kecil yang terkenal dengan pesta budaya Tabuik-nya itu diharapkannya bisa sejajar dengan kota lainya di wilayah Indonesia.

"Dan Hari Nusantara Nasional 2019 berlangsung sukses,” pungkasnya.

Saat menerima penghargaan tersebut, Genius Umar duduk berdampingan dengan kawan lamanya yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga menerima penghargaan pada tingkat provinsi. (Juned/OLP)
×
Berita Terbaru Update