Kejati Sumbar Gelar Bakti Sosial ke Para Lansia di Patamuan

Foto: Andry
Patamuan - Bupati Padangpariaman Ali Mukhni, hadiri Bakti Sosial Kejati Sumbar dalam memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-50 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharma Karini ke-19 di Puskesmas Patamuan, Rabu (17/7).

Bakti Sosial di bidang kesehatan itu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar dan Padangpariaman dilaksanakan dua hari pada lokasi yang berbeda. Hari Rabu (17/7) dilaksanakan di Puskesmas Patamuan dan hari Kamis besok (18/7) di Puskesmas Ulakan Tapakis.

"Kami bangga, Kajati menunjuk Padangpariaman sebagai lokasi bakti sosial Hari Adhyaksa ke-59 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharma Karini ke-19," ujarnya.

Dinas Kesehatan Padangpariaman, kata dia, selama ini telah mampu mengurangi jumlah angka kematian ibu hamil dan anak.

Ia berharap, semua pelayan masyarakat terutama yang melayani masyarakat di fasilitas kesehatan bekerja tanpa pamrih atas apa yang dilakukan.

Pada cara itu, wanita lanjut usia (lansia) di Patamuan karena mau mengecek kesehatan dan ikuti program bergerak setengah jam per hari.

Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumbar, Priyanto menyebut dari 19 kabupaten/kota di Sumbar, ia lebih sering ke Padangpariaman dan Tanah Datar. Ia mengaku nyaman kalau ke Padangpariaman.

Terkait dengan bakti sosial yang dilaksanakan jajaran Adhyaksa itu, Priyanto menjelaskan bahwa bakti sosial bukan hanya semata karena memperingati HUT, namun juga sebagai pendorong para lansia mau mengcek kesehatannya walaupun sudah berumur senja.

Para manula, harapnya agar selalu semangat dan tidak berfikir bahwa manula tidak ada gunanya. Manula tetap bisa menjalani hidup sehat.

Menurut Priyanto, hidup sehat adalah kebutuhan agar bisa menghindari timbulnya penyakit. Jika sudah sakit maka biayanya akan mahal.

"Manfaatkan BPJS agar dapat terus memeriksa kesehatannya," imbuhnya. (Tim)