Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jadi Lembaga Permanen dan Jelang Pemilu, Bawaslu Pariaman Temui Genius Umar

5 September 2018 | 5.9.18 WIB Last Updated 2018-09-05T11:17:38Z
Komisioner Bawaslu Pariaman dan Kepala Sekretariat temui Wakil Walikota Genius Umar di ruang kerjanya. Foto/Nanda
Pariaman - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pariaman bertemu Wakil Walikota Pariaman Genius Umar di Kantor Balaikota Pariaman, Rabu (5/9) siang.
         
Pertemuan singkat tersebut membahas persiapan dan tahapan pemihan umum serentak 2019 tingkat Kota Pariaman. Pertemuan ini menjadi pertemuan perdana Bawaslu Kota Pariaman dengan Pemko Pariaman setelah dilantiknya 3 orang komisioner Bawaslu Kota Pariaman satu bulan silam.
        
Ketua Bawaslu Kota Pariaman Riswan menyebut, pertemuan tersebut sekaligus silaturahmi dan koordinasi Bawaslu Kota Pariaman paska mengalami pergantian status, nama lembaga, dan pergantian komisioner.
         
“Pertemuan biasa saja, silaturahmi dengan bapak wakil walikot Pariaman, memperkenalkan komisioner yang baru dan menyampaikan tahapan pemilu 2019 mendatang,” ujarnya.
           
Dalam pertemuan itu, Bawaslu Kota Pariaman menyampaikan terimakasih atas dukungan Pemko Pariaman kepada pengawas pemilu pada pemlihan walikota dan wakil walikota Pariaman 2018.
          
Selain dukungan anggaran dari APBD Kota Pariaman, kata Riswan, Pemko Pariaman juga aktif mensosialisasikan pengawasan partisipatif kepada masyarakat.
          
"Dukungan pemerintah dalam pelaksanaan pemilihan umum sangat optimal. Dukungan yang diberikan pada penyelenggaraan Pilkada Pariaman, baik dari sisi anggaran dan dukungan sosialisasi sangat optimal," imbuhnya.
            
Riswan mengatakan, pergantian stutus pengawas pemilu menjadi lembaga permanen juga diikuti dengan kebutuhan ASN tenaga pendukung kesekretariatan. Kebutuhan ini nantinya perlu dukungan Pemko Pariaman. Namun demikian, hingga saat ini juknis tentang pengisian ASN pada kesekretariat Bawaslu belum diturunkan oleh Bawaslu RI.
         
"Merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 68 tahun 2018 pasal 32 ayat 2, Bawaslu dikelompokan sesuai dengan beban kerja. Tentunya perlu dukungan tenaga administrasi pendukung mengisi posisi tertentu di sekretariat. Kebutuhan ini nanti akan kami koordinasikan dengan Pemko setelah adanya petunjuk dari Bawaslu RI," pungkasnya.
            
Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan, Pemerintah Kota Pariaman berkomitmen mendukung penuh penyelenggaran pemilihan umum serentak 2019.
           
"Dalam waktu dekat, kami ikut berpartisipasi deklarasikan pemilu 2019 badunsanak yang diinisiasi Polres Pariaman. Pemko Pariaman komit mendukung kelancaran pemilu serentak ini," ujarnya.
        
Walikota Pariaman terpilih ini juga terus mengimbau masyarakat untuk cerdas memilih dan menyikapi perbedaan pilihan politik pada pemilu 2019. Sosialisasi dan pendidikan politik terus dilakukan pemerintah melalui Kantor Kesbangpol guna mencegah terjadinya konflik atau ketegangan pada masa pelaksanaan Pemilu 2019. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update