Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemko Pariaman Resmikan Pemakaian Kantor KAN IV Koto Sungai Rotan

12 November 2016 | 12.11.16 WIB Last Updated 2016-11-12T12:20:38Z



Wakil Walikota Pariaman Genius Umar resmikan pemakaian kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) IV Koto Sungai Rotan di Desa Sungai Rotan, Pariaman Timur, Kamis (10/11).

KAN sebagai lembaga adat Minangkabau, kata Genius, mengemban amanah mulia dalam menjaga dan melestarikan adat budaya di alam Minangkabau. KAN juga sebagai lembaga terdepan dalam pemasyarakatan, pengimplementasian ABS-SBK (Adat Basandi Syarak-Syarak Bersandi Kitabullah), karenanya perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak dan pemerintah.

"Sehingga nilai ABS-SBK itu benar-benar terlaksana di tengah masyarakat," sebutnya.

Kepada niniak mamak pengurus KAN IV Koto Sungai Rotan Genius berharap untuk memberikan pemahaman dan pelurusan kepada generasi muda akan pentingnya nilai adat dan budaya di era globalisasi sekarang ini.

Derasnya arus globalisasi menurutnya mempunyai dampak negatif terhadap nilai luhur adat dan budaya daerah. Diantara dampak negatif globalisasi itu antara lain terjadinya pergeseran nilai-nilai adat dan budaya yang ada di Minangkabau. Dalam kondisi seperti inilah, peran niniak mamak dan lembaga adat menjadi lebih penting untuk memberikan pelurusan dan pemahaman nilai adat dan budaya terutama bagi generasi muda.

"Semoga dengan adanya kantor KAN di Kanagarian IV Koto Sungai Rotan dapat menggiatkan kembali generasi muda untuk mengenal lebih dalam adat dan budaya Minangkabau," pungkasnya.

Hadir pada acara itu sekretaris KAN IV Koto Sungai Rotan, Mahyudin Datuak Maharajo Lelo, pengurus KAN Hakim Ramadona Datuak Rangkayo Mulie, Camat Pariaman Timur Hendri Chaniago, Camat Pariaman Utara Sutan Afwandi dan masyarakat setempat.

TIM
×
Berita Terbaru Update