Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemko Pariaman Maksimalkan Peran Koperasi

17 Mei 2017 | 17.5.17 WIB Last Updated 2017-05-17T12:46:40Z

Pemerintah Kota Pariaman, maksimalkan peran koperasi sebagai salah satu upaya menekan angka pengangguran, sekaligus mengangkat taraf ekonomi masyarakat.

"Peranan koperasi sangat penting, strategis dan prospektif sehingga pendirian dan pembangunannya perlu dimaksimalkan," ujar Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar di Pendopo Rumah Dinas Walikota, Selasa (16/5/2017).

Upaya mengurangi angka pengangguran melalui koperasi, sebut Genius, harus digencarkan di Pariaman sebagai wadah usaha yang mampu memberikan dampak bagi segenap anggotanya.

Ia menegaskan pihaknya melalui dinas terkait akan membantu masyarakat yang ingin mendirikan koperasi. Dinas Koperindag akan membantu menguruskan koperasi hingga memiliki badan hukum.

"Selain mendirikan koperasi, dinas Koperindag juga akan membantu mengemas produk UKM menjadi lebih baik agar memiliki daya saing di pasaran nasional," sambungnya.

Dalam rangka menumbuhkan semangat masyarakat dalam berkoperasi, pihaknya melakukan berbagai kegiatan dan sosialisasi terkait tata cara pembentukan koperasi.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit menyebut pihaknya telah melaksanakan sejumlah sosialisasi terkait tata cara pembentukan koperasi kepada empat kelompok masyarakat di Pariaman.

Kelompok masyarakat tersebut yakni Kelompok Makanan Ringan Kamper Saiyo, Kelompok Jamaah Masjid Jalan Kereta Api, Kelompok Jamaah Masjid Desa Kampung Baru dan Kelompok masyarakat Pauh Timur.

"Ke depannya juga akan dilaksanakan kepada berbagai kelompok masyarakat lainnya, apalagi saat ini Pariaman memiliki 86 koperasi dan 10 di antaranya telah memiliki nomor induk koperasi," sebutnya

Ia menjelaskan dengan adanya sosialisasi kepada masyarakat, tentu mereka akan memahami prinsip-prinsip manajemen yang benar sebuah koperasi, tata cara pembentukan koperasi baru serta menerapkannya.

TIM
×
Berita Terbaru Update