Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

SMK 3 Pariaman Masuk 9 Sekolah Pilot Project SPI KKP RI

6 Agustus 2016 | 6.8.16 WIB Last Updated 2016-08-06T05:47:25Z



Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Barat menunjuk SMKN 3 Pariaman mewakili Sumatera Barat sebagai salah satu sekolah dalam program Sekolah Pantai Indonesia (SPI).

Untuk tahun 2016 telah ditunjuk 9 provinsi dengan perwakilan satu sekolah sebagai pilot projeck dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

Direktorat Pemberdayaan Pesisir KKP RI, Abdul Muhari, menyebut program SPI dimulai sejak tahun 2013 dengan menunjuk 3 provinsi sebagai pilot projetnya. Di tahun 2014, kata dia naik jadi 10 provinsi, 2015 bertambah lagi menjadi 15 provinsi dan di tahun 2016 fokus di 9 provinsi.

“Laut kita kaya akan sumber daya tetapi juga rentan terhadap bencana. Karena itu kita harus mengetahui tanda-tanda akan suatu bencana serta mencegah terjadinya bencana dengan bersahabat dengan alam” ujarnya di ruang pertemuan SMKN 3 Pariaman, Kamis (4/8).

Dia menuturkan, setiap hari minimal terjadi 10 kali gempa dari skala kecil sampai besar di Indonesia.

"Tahun 2004 Indonesia mengalami tsunami terbesar di Aceh. Beberapa tahun kemudian di Yogyakarta, Mentawai dan berbagai daerah lainnya," tutur peraih gelar Doktor Ahli Tsunami dari universitas Jepang ini.

Kepada para siswa SMKN 3 Pariaman dia harap mampu melestarikan lingkungan, belajar dari alam serta berbuat untuk masyarakat.

"Kalau kita telah berbuat jangan lupa untuk dipublikasikan. Sekolah yang paling banyak berbuat dan diexpose akan diundang dan bertemu dengan Ibu Menteri Susi Pudji Astuti," terusnya.

Kepala Bidang KP3KP DKP Provinsi Sumbar, Albert Krisdiyanto, mengungkapkan, tujuan dilaksanakan SPI adalah untuk mengembangkan kecintaan siswa terhadap lingkungan di kawasan pantai dan pulau yang ada di daerahnya. Proses pembelajarannya melalui teori dan praktek.

"Sehingga siswa terlibat aktif dalam upaya pemantauan lingkungannya," ucapnya.

Kadisdikpora Kota Pariaman, Kanderi, menambahkan, ada 9 provinsi mendapat jatah SPI tahun 2016 yakni Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Sumatera Barat yang diwakili oleh SMKN 3 Kota Pariaman.

TIM
×
Berita Terbaru Update