Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dari Mana Kampung Jujur ?

14 Juli 2012 | 14.7.12 WIB Last Updated 2012-07-13T19:56:41Z

Mental koruptif terdapat pada setiap manusia yang tidak mengadopsi nilai kejujuran dan ketulusan hati. Orang yang jujur tidak mau mengambil harta yang bukan haknya, yang bukan hasil jerih payahnya sendiri yang halal. Orang yang tulus tidak mau mengeksploitir orang lain atau keadaan untuk menguntungkan dirinya sendiri melampaui apa yang menjadi haknya yang wajar. Di mana batas antara mengambil keuntungan dengan menipu orang lain? Batasnya ada di dalam nurani manusia dan akan tampak bila ada transparansi.

Bila seorang mengambil keuntungan yang wajar maka ia tidak malu bila angkanya sampai diketahui pelanggannya, bila sebaliknya ia menguras keuntungan yang tidak wajar maka ia akan merasa malu bila kedoknya terbuka. Bahkan ia mungkin akan kehilangan pelanggan bila kecurangannya itu diketahui mereka, apalagi mereka itu temannya sendiri. Adakah orang yang rela ditipu mentah-mentah oleh kawannya sendiri?

Nilai kejujuran sudah dimulai sejak kecil. Ada anak kecil yang jujur tetapi banyak juga yang bermental tidak jujur. Pertanyaannya mengapa antara dua anak sekandung, yang orangtuanya sama, situasi rumah tangganya sama, pendidikannya sama, sekolahnya sama, tetapi yang satu anak jujur sedangkan yang lainnya ternyata tidak jujur. Yang satu rajin belajar, yang lainnya rajin menyontek. Yang satunya enggan jajan, yang lainnya nilep uang sekolah untuk jajan. Yang satunya rajin belajar, yang lainnya hanya cramming pada malam sebelum ulangan atau pagi sebelum ujian.

Kemungkinan, walaupun mereka anak dari orang tua yang sama namun pendidikan nilai dalam bentuk peneladanan atau penuturan yang langsung ditangkap dan dianut oleh anak yang satu tetapi tidak ditangkap – atau ditangkap tetapi tidak dianut – oleh anak yang lainnya.jadi semuanya tentang prinsip kematangan dan nilai-nilai moral yg membuat pondasi kejujuran tertanam kokoh dalam setiap kepribadian yg berkarakter..tak peduli asal-usul dan latar belakang anda.. maupun pendidikan dan pemahaman spiritual anda .. 



catatan juswan the indonesian freedom writers
×
Berita Terbaru Update