Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Absen 18 tahun, Salat Id kembali digelar di Lapangan Merdeka Pariaman

23 April 2023 | 23.4.23 WIB Last Updated 2023-04-23T15:36:53Z

 


Pariaman - Keinginan memfungsikan kembali Lapangan Merdeka Pariaman sebagai lokasi pelaksanaan Salat Id akhirnya terwujud setelah 18 tahun. Dihadiri ribuan warga, pelaksaan Salat Id di Lapangan Merdeka, Sabtu 22 April 2023 berlangsung khidmat.

Dari pantauan Pariamantoday.com, hari raya Idul Fitri di Kota Pariaman tidak dilaksanakan serentak. Pada Jumat 21 April, ribuan warga Pariaman ada yang mengikuti penetapan 1 Syawal 1444 H dari Muhammadiyah sehingga telah lebih dahulu melaksanakan Salat Id.

Pelaksanaan Salat Id di Lapangan Merdeka Pariaman sebenarnya sudah mulai ditetapkan secara resmi oleh Pemko Pariaman pada Idul Fitri 1443 H 2023 lalu. Namun bertepatan hari pelaksanaannya hujan, salat id dipindahkan ke masjid terdekat.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan pemanfaatan Lapangan Merdeka untuk kembali sebagai lokasi salat id merupakan aspirasi warga Pariaman. Termasuk perantauan.

Usai salat id, dihadapan jemaah, Genius Umar memaparkan pencapaian empat tahun lebih masa kepemimpinannya memimpin Kota Pariaman.

Sejauh ini, kata Genius, sejumlah prestasi telah diraih Kota Pariaman, termasuk peningkatan indeks pembangunan manusia yang lebih tinggi dari rerata Provinsi Sumbar dengan 77,65 berbanding 73,26.

Sementara di bidang pendidikan Pemko Pariaman juga menjadi pionernya di Indonesia dengan program satu keluarga satu sarjana (Sagasaja) yang kini telah ditiru oleh pemda lain.

Program tersebut membiayai uang kuliah bagi anak kurang mampu di belasan perguruan tinggi ternama di Indonesia, termasuk UI, Telkom Bandung dan IPB. (Tim)

×
Berita Terbaru Update