Imbas inflasi, 171 warga Pariaman terima BLT Rp 600 ribu

Foto: Rika

 Pariaman – Walikota Pariaman, Genius Umar menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tambahan bagi 171 orang warga Pariaman yang terdampak inflasi, sekaligus mengawasi langsung penyaluran BLT di Kantor Pos Pariaman, Jumat (23/12).

Genius Umar mengatakan, inflasi sangat berdampak kepada masyarakat Pariaman, apalagi menjelang libur tahun baru. Kenaikan harga barang, terutama sembako menambah berat beban ekonomi masyarakat.

"Semua kebutuhan meningkat seperti harga sembako dan kebutuhan lainnya, sehingga masyarakat mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan rumah tangganya," kata Genius Umar.

Namun dia bersyukur karena sejumlah program bantuan terus disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) sebesar Rp 200 ribu per bulan yang diterima secara rapel tiga bulan Rp 600 ribu per kartu keluarga (KK).

“Kita sudah salurkan BLT dari bulan Oktober hingga Desember 2022. Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat bagi KPM guna mencukupi kebutuhan keluarganya,” ungkap Genius.

Penyaluran bantuan dari pemerintah sendiri bekerjasama dengan PT POS. Sedangkan keluarga penerima atau KPM namanya sudah terdata di Dinas Sosial melalui data simetrik DTKS.

Kepala Dinas Sosial Kota Pariaman, Muhammad Rum mengungkapkan bahwa bantuan yang disalurkan hari itu bersumber dari Provinsi Sumbar yang namanya masuk DTKS namun tidak menerima bantuan PKH dan BPMT.

“Hari ini kita menyalurkan kepada 171 KPM. Semua sudah tersalurkan kepada KPM. Ke depan kita akan kembali minta bantuan tambahan kepada Pemerintah Provinsi untuk 150 orang lagi dan itu sudah disiapkan datanya," kata M Rum. (Rika/OLP)