Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hama tikus serang padi warga Marunggi, Pemko salurkan racun pembasmi

16 Juli 2022 | 16.7.22 WIB Last Updated 2022-07-15T17:21:40Z

Pemko Pariaman berikan racun tikus beserta perlengkapan lainnya agar tidak mengganggu hasil panen petani di Desa Marunggi. Foto: Junaidi

Pariaman - Desa Marunggi terima bantuan 30 kotak racun tikus beserta perlengkapan sarung tangan dan masker untuk penggunaan di lahan pertanian warga.

"Jumlah ini mencukupi untuk daerah terdampak," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Marlina Sepa di Desa Marunggi, Jumat (15/7).

Pemberian racun tikus beserta kelengkapannya itu, kata dia, menindaklanjuti laporan hasil pengamatan dari petugas pengendali organisme pengganggu tumbuhan terkait tingginya serangan hama tikus di wilayah itu.

Gerakan pengendalian atau Gerdal hama tikus di Desa Marunggi dengan cara pengumpanan. Gerdal pengumpanan dinilai lebih efektif karena rata-rata usia padi di wilayah tersebut masih di bawah 40 hari.

"Saat umur padi di bawah 40 hari pengumpanan menggunakan racun tikus lebih efektif. Sebab jika umur padi sudah di atas 40 hari tikus lebih suka memakan buah padi daripada racun yang kita berikan," sambungnya.

Agar efektifnya pelaksanaan pengumpanan, dia berharap petani betul-betul melakukan pengumpanan sesuai arahan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Di antaranya tangan tidak bersentuhan langsung dengan racun tikus dan pemasangan umpan berada di jalur atau lubang tikus.

Kepala Desa Marunggi, Syaiful Bahri, mengapresiasi atas upaya Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman yang bergerak cepat melakukan pengendalian hama tikus yang mulai menyerang tanaman padi warganya.

“Semoga hasil panen maksimal dan tanaman padi di sini tidak diganggu hama tikus lagi,” kata dia. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update