Fahira Idris siap bantu majukan sektor perikanan Pariaman

Fahira Idris. Foto: Junaidi

Pariaman - Anggota DPD RI Fahira Idris mengatakan Kota Pariaman bisa menjadi contoh bagi daerah lain dalam budidaya ikan.

"Hasil budidaya ikan Kota Pariaman telah merambah tidak hanya di Sumatra Barat, tapi hingga ke daerah lain," kata Fahira Idris dalam kunjungan kerja Tim Pengawasan Komite II DPD ke Kota Pariaman, Sabtu (18/6).

Kota Pariaman menurutnya memiliki potensi kelautan, perikanan dan pertanian yang cukup kuat. Peran kepala daerah juga dinilainya sangat kuat dalam mengelola potensi tersebut.

"Bersama masyarakat dengan semangat gotong royong telah dilakukan Kota Pariaman. Semua keberhasilan ini tidak terlepasa dari komandan yang jenius sesuai dengan nama Pak Walikota Genius Umar," imbuh putri dari tokoh Minang Fahmi Idris itu.

Langkah yang dilakukan Genius bersama masyarakat dengan gerakan gotong royongnya, dinilai Fahira telah membuahkan hasil. Genius dinilainya bisa berkolaborasi dengan masyarakat dan pemerintah pusat untuk membangun daerah yang dipimpinnya.

"Sehingga Kota Pariaman berhasil dalam pertanian terpadu dan budidaya ikan," sebutnya.

Fahira juga menyambut baik usulan dan proposal Genius Umar dan kelompok nelayan Pariaman. Dia berjanji akan mengawal usulan tersebut di tingkat pusat.

"Kami akan perjuangkan dan terus kawal usulan ini. Kami juga membawa Direktur dari KKP (Kementerian kelautan dan Perikanan) serta BUMN dalam rombongan ini, sehingga usulan dan permintaan Pemko Pariaman agar dicatat untuk dibahas di kementerian terkait," ujarnya.

Selain itu, Fahira juga menyarankan agar pengembangan hasil produk perikanan dan tambak mendapat insentif dari pemerintah daerah agar terdiversivikasi menjadi produk olahan dan produk khas Kota Pariaman.

"Sehingga hasil budidaya perikanan dan tambak Kota Pariaman mempunyai keberagaman dan ciri khas," pungkasnya. (Junaidi/OLP)