Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jadi pembina upacara di SMA 2, Genius: 30 tahun lalu saya di barisan mereka

31 Mei 2022 | 31.5.22 WIB Last Updated 2022-05-31T08:55:10Z

Foto: Juned

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar kembali memberikan motivasi kepada pelajar SMA sederajat. Kesuksesan dimulai dari tempaan di sekolah. Khususnya di masa SMA sederajat.

"Tanamkan dalam diri kita agar bisa sukses. Semangat belajar dan gantungkan cita-cita setinggi mungkin," kata Genius saat menjadi pembina upacara di SMA Negeri 2 Pariaman, Senin (30/5).

Dulu, 30 tahun yang lalu, Genius juga berdiri di jajaran siswa karena dia memang bersekolah di sana. Genius mengaku tekun belajar dan saling berkompetisi menjadi yang terbaik dengan rekan sekelas. Bahkan tidak jarang mereka berdiskusi memecahkan soal yang diberikan guru bersama-sama.

Alumni angkatan 1991 SMA Negeri 2 Pariaman itu mengimbau para juniornya tersebut agar beradaptasi dan menguasai kemajuan teknologi saat ini.

Genius menegaskan bagaimana konsen pihaknya terhadap dunia pendidikan yang diimplementasikan dengan berbagai program untuk mendukung hal tersebut.

Pemko Pariaman, kata Genius, memiliki program Wajib Belajar 12 Tahun dengan menggratiskan sekolah dari SD hingga SMA sederajat walaupun SMA/SMK merupakan kewenangan pemerintah provinsi.

"Kita memberikan Bantuan Keungan Khusus (BKK) kepada provinsi untuk menggratiskan anak-anak kita yang bersekolah di SMA/SMK," sebutnya.

Selanjutnya adalah program Satu Keluarga Satu Sarjana alias Sagasaja. Sagasaja diperuntukkan bagi keluarga yang tidak mampu agar tetap bisa menempuh pendidikan tinggi.

Saat ini, Sagasaja telah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi vokasi yang ada Indonesia. Seperti vokasi UI, IPB, Poltrada Bali, Poltekpel, PNP, ATIP, dan yang terbaru adalah Telkom University di Bandung.

Dengan ilmu yang didapat di kampus vokasi tersebut, Genius berharap setelah lulus bisa langsung kerja untuk mengangkat derajat keluarganya.

"Yang selama ini kurang mampu menjadi lebih sejahtera sehingga dapat mengurangi angka kemiskinan di daerah kita," kata dia.

Terakhir, Genius berpesan pada pelajar jangan pernah mendekati narkoba karena langsung akan merusak masa depan mereka.

"Hiduplah dengan sehat, olahraga teratur," pesannya. (Juned)

×
Berita Terbaru Update