Mulai besok PCE 2022 kembali digelar di Pantai Kata Pariaman

Foto: Junaidi

Pariaman - Pariaman Culture Everyweek (PCE) 2022 kembali digelar Kota Pariaman. Pariaman Culture Everyweek atau kultur Pariaman setiap minggu, adalah ajang kreativitas seni anak muda Pariaman unjuk kebolehannya setiap pekan.

Launchingnya direncanakan besok 26 Maret 2022 atau Sabtu sore oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi  Ansharullah di Pentas Seni Pantai Kata Pariaman.

"Ini tahun ketiga pelaksanaannya. Melalui PCE kita akan menampilkan beragam seni dan budaya untuk meramaikan pariwisata Pariaman," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono di Pariaman, Jumat (25/3).

Pelaksanaan iven tersebut, kata Marhen, juga sekaligus untuk melestarikan seni dan budaya Kota Pariaman kepada generasi muda. Iven tersebut diyakininya juga akan menarik minat wisatawan.

PCE sendiri akan mementaskan seni budaya tradisonal Pariaman setiap Sabtu sore melalui berbagai sanggar seni, komunitas seni, sekolahan, dari organisasi masyarakat hingga BUMN.

"Seperti penampilan kesenian tari piring, tari indang, gandang tasa dan berbagai seni budaya tradisional Pariaman lainnya," ujar kepala dinas yang didatangkan langsung Walikota Pariaman Genius Umar dari Kabupaten Banyuwangi itu.

Pelestarian budaya dan seni bagi generasi muda, imbuh Marhen, juga merupakan visi dan misi Kota Pariaman. Pihaknya akan terus melibatkan pemuda Pariaman untuk berbagai iven pariwisata karena potensi besar yang dimiliki pemuda Pariaman.

"Sanggar dan komunitas seni Pariaman mulai tumbuh dan banyak dikelola generasi muda. Hal ini juga berdampak positif pada peningkatan sektor pariwisata dan ekonomi masyarakat," kata dia.

Dinas Budpar Pariaman sendiri akan menggelar sebanyak 77 iven selama tahun 2022. Yang terbesar dalam kalender iven 2022 tersebut adalah Pesta Budaya Tabuik Piaman yang kembali digelar setelah dua tahun absen akibat pandemi Covid-19. (Juned/OLP)