Jumlah peserta Kejurnas sepatu roda Pariaman lampaui target panitia

Foto: Junaidi

Pariaman - Sebanyak 510 atlet akan berlaga memperebutkan piala Walikota Pariaman dalam iven kejuaraan nasional (Kejurnas) sepatu roda yang diselenggarakan di Sirkut Sepatu roda Pantai Cermin Pariaman, Sabtu (5/3).

Iven yang diselenggarakan dari tanggal 4 hingga 6 Maret 2022 tersebut diikuti oleh 29 klub sepatu roda dari Pulau Sumatra dan Jawa. Peserta turnamen yang ketiga kalinya itu juga melebihi target panitia yang sebelumnya menargetkan 310 peserta.

Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan penyelenggaraan iven tersebut merupakan bagian dari iven kalender sport tourism 2022.

"Karena olahraga dan pariwisata saling menunjang satu sama lainnya," ungkap Genius Umar yang juga Ketua Perserosi Sumatra Barat itu.

Dalam sebuah iven olahraga, peserta biasanya datang bersama tim ofisial dan keluarga. Hal tersebut akan menguntungkan bagi Pariaman karena mayoritas peserta beserta rombongan akan menginap di sejumlah hotel dan penginapan yang ada di Pariaman. Genius mengklaim puluhan hotel di Pariaman penuh hingga mengakibatkan beberapa klub sampai menyewa rumah penduduk.

Peserta juga datang dari berbagai provinsi yang tentunya sudah mempersiapkan segala akomodasi keperluan iven dan waktu untuk berwisata ke sejumlah destinasi yang ada di Kota Pariaman. Peluang itulah, kata Genius, sebenarnya yang ingin diambil Kota Pariaman dalam setiap pelaksanaan iven.

"Tentu ada imbas pada peningkatan ekonomi. Baik dari segi tingkat hunian penginapan dan hotel, juga dari segi kuliner. Umumnya wisatawan memprioritaskan wisata kuliner dalam setiap kunjungannya di berbagai destinasi," sambungnya.

Selain iven sepatu roda, kata Genius, pada 2022 ini Kota Pariaman juga menggelar kejuaraan tenis tingkat junior, sepeda, kejuaraan taekwondo dan iven sejenis yang masuk dalam kalender iven pariwisata 2022.

Sepatu roda sendiri, kata Genius, merupakan olahraga populer di Pariaman. Saking populernya, Kota Pariaman telah melakukan pembibitan atlet sejak dini yang dimulai sejak usia kanak-kanak. Atlet sepatu roda Pariaman juga memiliki prestasi teratas di Sumatra Barat.

"Bahkan sirkuit sepatu roda berstandar nasional di Sumatra Barat, satu-satunya hanya ada di Kota Pariaman. Lokasinya pun berada di objek wisata, menghadap ke laut," tuturnya.

Iven yang dinamai Pariaman Baroda ini diikuti klub klub ternama dari berbagai provinsi. Seperti Bina Muda Pekanbaru, Inov Palembang, Deli Serdang Inline Skate, Bukittinggi Inline Skate, Porserosi Solok Selatan, Lubuk Linggau Inline Skate, Porserosi Bengkalis, Pariaman Inline Skate.

Kemudian Triple A Team Bandung, Inline Speed Skate (Issep) Pekanbaru, Grand Wisata Inline Skate Bekasi, Gyros Club Jambi, The Winner Skate Team Bekasi, Zulmi Inline Skate, Batingkek Roller Skate, Siginjai Roller Skate (SRS) Jambi.

Selanjutnya Jambi Inline Skate, Riau Roller Skate (RRS), Telanai Roller Skate (TRS) jambi, Gandoriah Inline Skate, Trapezius Academy Riau, Saburai Lampung Speed, Buciken Inline Skate, Bintang Medan Roller Skate, Porserosi Palembang, Sky Pekanbaru, Hangtuah Inline Skate, Riau Inline Skate, dan Porserosi Pasaman Barat. (Juned-Desi/OLP)