Genius kembalikan fungsi Lapangan Merdeka untuk Salat Ied

Foto: Junaidi

Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar berencana ingin mengembalikan fungsi tradisional Lapangan Merdeka Pariaman untuk salat Ied mulai hari raya Idul Fitri mendatang.

"Kita berharap sebelum lebaran Lapangan Merdeka sudah bisa dipakai untuk penyelenggaraan Salat Ied," ungkap Genius Umar saat menggelar gotong royong di Lapangan Merdeka, Kamis (10/3). Gotong royong diikuti para ASN dan pelajar SMP Negeri 1 Pariaman.

Mengembalikan fungsi Lapangan Merdeka tentu akan menjadi kebijakan populer Genius Umar karena sudah beberapa tahun belakangan lapangan itu tidak pernah lagi difungsikan sebagai tempat penyelenggaraan Salat Ied.

Selain itu, ia juga berjanji akan mengembalikan fungsi penuh Lapangan Merdeka seperti dulunya sebagai lapangan dan taman rekreasi untuk aktivitas kemasyarakatan, termasuk sebagai lapangan olahraga.

"Revitalisasi Lapangan Merdeka sebagai tanah lapang tempat aktivitas masyarakat dan olahraga, juga bagi pelajar," imbuh Genius.

Lapangan Merdeka sendiri, tutur Genius dulunya memiliki nilai historis tinggi bagi warga Pariaman. Mulai sebagai tempat nongkrong anak muda, lokasi konser, pelaksanaan Salat Ied, lokasi kampanye terbuka hingga tempat olahraga.

"Selain mengembalikan fungsi seperti semula, Lapangan Merdeka juga bisa menjadi destinasi wisata baru di Kota Pariaman," ujarnya.

Lapangan Merdeka berlokasi di jantung Kota Pariaman masih dalam satu area dengan komplek Pemda Padangpariaman, Pasar Pariaman dan persis di depan halaman SMP Negeri 1 Pariaman. (Juned/OLP)