Malam pergantian tahun di Pariaman: Genius beri warning meski objek wisata dibuka

Pesta kembang api dan lampion pernah mewarnai malam pergantian tahun 2016 di Kota Pariaman. Foto: dokumen Pariamantoday

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar mengimbau warga Pariaman agar jangan terlalu euforia merayakan malam pergantian tahun baru di Pariaman.

"Jangan melenceng dari kaidah agama. Tapi kita tidak melarang mengunjungi objek wisata," kata Genius Umar di Pariaman, Jumat (31/12).

Genius menuturkan pihaknya telah melakukan pengetatan pengamanan selama pergantian malam tahun baru dengan menyiagakan ratusan personil gabungan Pemko bersama TNI Polri di sejumlah titik vital.

Personil tersebut akan menjaga keamanan pengunjung selama berada di objek wisata Pariaman, termasuk menegakkan protokol kesehatan.

"Kita masih dalam suasana pandemi. Objek wisata tetap buka, tapi prokes akan diperketat," sambungnya.

Ia menegaskan agar malam pergantian tahun baru jangan dijadikan ajang pesta yang bisa memancing keributan, apalagi ajang pesta miras dan narkoba.

"Kalau dalam hal ini pasti kita tindak tegas. Kota Pariaman adalah destinasi wisata ramah keluarga dan islami, bukan wisata bebas," pungkasnya.

Warga Kota Pekanbaru, Riki (41) bersama istri dan dua anaknya mengaku akan melewati malam pergantian tahun di Pantai Gandoriah, Pantai Kata dan Talao Pauah. Riki sudah berada di Pariaman sejak Rabu malam dan menginap di salah satu hotel dekat pantai.

"Warga Pekanbaru banyak ke Pariaman. Sepertinya malam pergantian tahun baru terpavorit di Sumbar bersama Kota Bukittinggi dan Payakumbuh," kata Riki.

Riki berharap selama malam pergantian tahun petugas keamanan benar-benar maksimal melakukan pengamanan. Karena menurut dia, di tengah keramaian selalu ada saja potensi gangguan keamanan dari orang yang tidak bertanggungjawab.

"Sejauh ini Pariaman aman. Kita berharap malam pergantian tahun baru tidak ada "insiden" karena kita ingin menikmati indahnya Pariaman bersama keluarga," kata dia.

Dari pantauan wartawan sejak sore tadi, sejumlah objek wisata Pariaman mulai ramai pengunjung. Tingkat kunjungan ke Pariaman diperkirakan akan terus bertambah hingga malam menjelang pergantian tahun. (OLP)