Mardison optimis akhir 2021 Pariaman capai target herd immunity

Wawako Mardison Mahyuddin dan Kapolres Pariaman tinjau pelaksaan vaksinasi di Pasar Pariaman. Foto: Desi

Pariaman - Pemko Pariaman menargetkan pencapaian vaksin Covid-19 hingga akhir 2021 bisa mencapai angka 70 persen atau sudah memenuhi target kekebalan komunal (Herd Immunity).

"Oleh sebab itu kita mengajak masyarakat yang belum divaksinasi agar segera melakukan vaksinasi," ujar Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin usai mengikuti video conference dengan Kapolri dan Panglima TNI, Rabu (4/11).

Hingga saat ini, kata Mardison, penanganan Covid-19 Kota Pariaman sangat baik dan berhasil me-elevasi kasus - hingga Kota Pariaman kembali masuk zona hijau dalam dua bulan dari zona merah.

Pemko Pariaman menurut dia juga terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi massal bagi masyarakat di berbagai fasilitas umum, termasuk Pasar Pariaman yang dilaksanakan hari ini.

"Kita turunkan 15 tim vaksinator di Pasar Pariaman," ungkapnya.

Sementara itu, sambung Mardison, provinsi Sumatra Barat juga melakukan gerakan Sumdarsin dengan target 70 persen capaian vaksin hingga bulan Desember 2021 mendatang.

"Kapolri dan Panglima TNI bahkan mengunjungi Sumatera Barat untuk memicu capaian vaksinasi Sumbar yang sebelumnya berada di peringkat dua terbawah," kata Mardison.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah mengatakan ketersediaan vaksin di Kota Pariaman ada beberapa jenis. Masyarakat diperbolehkan memilih vaksin yang ia mau.

"Mereka bisa memilih vaksin yang telah disediakan seperti Sinovac, Moderna, Azrazeneca, dan Phizer," ungkap dia.

Hingga hari ini, sambung Nazifah, capaian vaksinasi Kota Pariaman baru mencapai angka 37,57 persen. Namun dia optimis hingga Desember mendatang target 70 persen pemberian vaksin bisa tercapai. (Desi/OLP)