Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

300 warga Pariaman terdampak PPKM terima zakat Baznas Rp 150 juta

14 September 2021 | 14.9.21 WIB Last Updated 2021-09-14T12:21:24Z

Genius serahkan zakat Baznas Rp 500 ribu secara simbolis bagi para mustahik di pendopo. Foto: Junaidi

Pariaman - Sebanyak 300 orang mustahik Pariaman menerima zakat program Pariaman Peduli dari Baznas Kota Pariaman dengan total penyaluran sebesar Rp 150 juta, Selasa (14/9) di Pendopo Walikota Pariaman.

Zakat yang disalurkan langsung oleh Walikota Pariaman, Genius Umar itu, rangkaian daripada upaya Pemko Pariaman untuk memulihkan ekonomi yang secara terus menerus terpukul imbas Pandemi Covid-19. Masing-masing penerima memperoleh bantuan sebanyak Rp 500 ribu.

"Penyaluran zakat ini ditujukan kepada para mustahik yang terkena dampak PPKM," kata Genius Umar.

Genius menegaskan saat ini pihaknya tengah serius melakukan berbagai upaya guna memulihkan perekonomian masyarakat Pariaman. Mulai dari bantuan yang dananya bersumber dari APBN dan APBD, serta dari CSR bebagai BUMN dan BUMD - beserta Baznas.

Program bantuan yang disalurkan, kata dia, bentuknya juga beragam. Mulai dari permodalan usaha, bantuan sembako, program PKH, BPUM hingga pembangunan rumah tidak layak huni atau RTLH.

Dengan adanya berbagai upaya pemerintah membantu masyarakat, Genius berharap hal tersebut mampu meringankan beban ekonomi di masa pandemi. Karena sebagai pemimpin menurutnya sudah tugasnya melayani masyarakat.

"Sebagai kepala daerah saya adalah pelayan bagi masyarakat yang saya pimpin," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Pariaman, Zalman Zaunit mengatakan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan penerimaan zakat untuk disalurkan kepada mara mustahik melalui berbagai program.

"Sebagai upaya, kita telah membentuk unit pengumpul zakat (UPZ) hampir di seluruh desa dan kelurahan yang ada," kata Zalman.

Di samping itu, imbuh dia, banyak juga dari ASN yang dengan sadar memberikan zakat dari tunjangan kinerja yang mereka terima kepada Baznas Kota Pariaman.

"Karena saat ini masyarakat sangat membutuhkan sekali uluran tangan para muzaki. Kita berharap kesadaran masyarakat semakin tinggi menyalurkan zakat melalui Baznas. Karena sebaik-baiknya penyaluran zakat adalah melalui amil," pungkasnya. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update