Pasca PPKM wisata sepi, Edison TRD: sebentar lagi ramai karena Pariaman menuju Herd Immunity

Talao Pauah masih sepi meski merupakan salah satu objek wisata terpavorit Pariaman. Foto: OLP

Pariaman - Destinasi wisata Pariaman masih sepi pengunjung meski pemberlakukan PPKM telah berakhir sejak 25 Juli 2021 lalu. Pantai Kata, Pantai Gandoriah, Talao Pauah masih terlihat lengang. Begitu juga dengan tingkat hunian hotel.

"Hal ini disebabkan beberapa daerah masih berjibaku menangani Covid-19 yang dalam tiga minggu belakangan mengalami kenaikan di Sumatra Barat, Riau dan Jambi," kata pengamat sosial Piaman Laweh, Edison TRD di Pariaman, Selasa (27/7).

Menurut Ketua KONI Kota Pariaman ini, wisatawan yang banyak berkunjung ke Pariaman berasal dari Riau, Jambi hingga berbagai kota dan kabupaten yang ada di Sumatra Barat. Karena saat ini status di berbagai daerah tersebut masih level 4, masyarakat lebih memilih diam di rumah.

"Belum lagi karena penyekatan beberapa waktu lalu yang masih menyisakan keengganan masyarakat bepergian jauh," imbuhnya.

Meski demikian, kata ipar dari Archandra Tahar ini, situasi sepinya wisata Pariaman dan tingkat hunian hotel tidak akan berlangsung lama dan akan kembali normal seiring waktu dan penurunan level penyebaran Covid-19 di berbagai daerah.

"Hal ini berkaitan juga dengan status kota Pariaman. Jika Pariaman sudah kembali ke zona kuning atau turun dari level saat ini, wisatawan akan kembali ramai berkunjung," kata dia.

Mantan anggota DPRD Kota Pariaman ini percaya Pariaman dalam waktu dekat bisa mencapai target herd immunity dengan pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat yang tiap hari gencar dilakukan.

Bahkan, ia optimis Pariaman akan menjadi kota pertama di Sumatra Barat yang akan mencapai target tersebut jika dilihat dari kesadaran masyarakat yang tiap harinya antri memvaksinkan diri ke berbagai puskesmas.

Kuncinya, kata Edison TRD, Pariaman harus lebih dulu capai herd immunity sehingga pengunjung merasa aman berwisata ke Pariaman.

"Dari data yang saya dapat, eskalasi pemberian vaksin kota Pariaman jauh melampaui daerah lainnya dan akan mencapai target herd immunity akhir tahun hingga awal tahun mendatang. Masyarakat Pariaman juga mampu beradaptasi dan disiplin: menjalankan kegiatan dengan mematuhi protokol kesehatan," pungkasnya. (OLP)