Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius salurkan zakat Baznas Rp 350 juta untuk pengurus masjid wilayah Pariaman Tengah

3 Mei 2021 | 3.5.21 WIB Last Updated 2021-05-03T11:51:43Z

Walikota dan Ketua Baznas salurkan zakat senilai Rp 350 juta dalam program Pariaman Taqwa. Foto: Erwin

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar salurkan zakat Baznas Pariaman kepada 311 pengurus masjid dan musala yang ada di kecamatan Pariaman Tengah yang tergolong para mustahiq atau golongan penerima zakat, Senin (3/5).

Masing-masing mustahiq mulai dari imam, khatip, bilal, garin, labai dan ubiyah menerima Rp 300 ribu yang dibagikan di Masjid Nurul Islam Kelurahan Jalan Kereta Api, Pariaman Tengah merupakan program Pariaman Taqwa daripada Baznas Pariaman. Total keseluruhannya mencapai Rp 350 juta.

"Pengurus masjid merupakan ujung tombak pembangunan akhlak islami di tengah-tengah masyarakat Pariaman," kata Genius Umar.

Dia mengatakan zakat Pariaman Taqwa Baznas Pariaman meliputi seluruh kecamatan yang ada di Pariaman dan akan disalurkan secara bertahap. Zakat dihimpun dari gaji seluruh PNS Pemko Pariaman yang dipotong 2,5 persen setiap bulannya.

"Zakat daripada PNS yang dikumpulkan Baznas Pariaman disalurkan dalam berbagai program, di antaranya Pariaman Taqwa. Di samping itu juga ada program beasiswa dalam Program Pariaman Cerdas, Pariaman Makmur untuk membantu UKM," ujarnya.

Ketua Baznas Pariaman, Haji Bagindo Jamohor mengatakan penyaluran zakat yang dihimpun Baznas Pariaman penyalurannya tepat sasaran dan mesti disegerakan mengingat situasi pandemi Covid-19.

Bahkan dari segi persentase penyalurannya, pada 2020 lalu, Kota Pariaman merupakan salah satu yang nominalnya terbesar di Indonesia yang mencapai angka Rp 5 miliar sehingga menerima penghargaan terbaik nasional dari Baznas Pusat.

"Di masa pandemi yang belum berakhir (2021) kita terus menyalurkannya. Bahkan di bulan Januari sudah kita mulai," kata mantan anggota DPRD Padangpariaman termuda di masa Pariaman dan Padangpariaman masih satu wilayah administrasi - yang menjabat tiga periode sekaligus ini.

Jamohor menuturkan selama pandemi Covid-19, Baznas Pariaman selalu berusaha menjadi pendamping utama Pemko Pariaman dengan bantuan sosialnya dalam upaya membangkitkan perekonomian masyarakat Pariaman yang terpukul imbas Pandemi Covid-19.

"Di bawah kepemimpinan Pak Wali (Genius Umar) dana Baznas, sesuai arahan beliau kita salurkan juga bagi kalangan usaha mikro seperti pedagang keliling, sopir angkot, tukang ojek hingga janda miskin. Ini bukti keseriusan walikota membangkitkan kembali ekonomi masyarakat di masa pandemi," imbuhnya.

Jamohor berharap di akhir masa kepemimpinannya di Baznas Pariaman, pimpinan Baznas ke depan bekerja lebih baik lagi melayani masyarakat Pariaman.

"Karena kerja kita di Baznas tanggungjawabnya langsung kepada Allah SWT. Kita optimis pimpinan Baznas ke depan orang-orang pilihan yang akan dengan sungguh-sungguh mengemban amanah," pungkas Jamohor yang tidak mencalonkan diri lagi jadi pengurus Baznas Pariaman periode selanjutnya. (Erwin/OLP)

×
Berita Terbaru Update