Terjunkan ribuan personil, sterilkan jalan, ratusan pejabat diswab sebelum sambut Wapres di Pariaman

Wakil Presiden Muhammad Ma'ruf Amin besok, Selasa 6 April 2021, akan meresmikan Pasar Rakyat Pariaman. Sebelum kedatangan orang nomor 2 di Indonesia tersebut, ribuan personil telah disiapkan untuk pengamanan beliau selama di Pariaman. Foto: istimewa/kompas.com

Pariaman - Sebanyak 1.744 personil gabungan akan melakukan pengamanan VVIP kepada Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin selama berada di kota Pariaman. Kedatangan orang nomor 2 di republik ini untuk meresmikan Pasar Rakyat Pariaman Selasa besok 6 April 2021 serta sejumlah agenda lainnya.

Di samping pengamanan, jalur jalan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) mulai dari simpang BIM, Batang Anai, Simpang Lintas Lubuk Alung, Sintoga, Pauhkamba, Kuraitaji juga akan disterilkan saat iring-iringan pulang pergi Wapres ke Pariaman.

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Hasanudin selaku panglima komando tugas gabungan terpadu PAM VVIP Wapres mengatakan, pengamanan berlapis dilakukan oleh TNI dari berbagai matra, Polri, Pemda dan lainnya. Selain PAM dengan 1.744 personil, Wapres juga memiliki pengamanan melekat dari Paspampres.

Mayjen Hassanudin bilang, untuk TNI AD akan menerjunkan sebanyak 920 personil, TNI AL 112 personil, TNI AU sebanyak 101 personil, Polri sebanyak 416 personil, pengamanan dari Pemda sebanyak 160 personil, food security 15 personil dan dari BUMN sebanyak 20 personil.

"Seluruh personil yang terlibat akan melakukan pengamanan maksimal, khususnya di titik lokasi peresmian Pasar Pariaman," ujarnya di Pariaman, Senin (5/4).

Ia menuturkan pengamanan maksimal dilakukan dengan meningkatkan kewaspadaan dan kepekaan terhadap segala jenis kemungkinan yang bisa dimanfaatkan pihak lain yang mengancam keselamatan Wapres.

"Saling koordinasi dan mencermati situasi serta melaporkan setiap kejanggalan," sambungnya.

Selain dari segi pengamanan, uji usap Covid-19 juga diwajibkan bagi setiap pejabat yang akan hadir selama kunjungan kerja Wapres di Pariaman.

Menurut PLT Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah, hari ini telah dilakukan uji usap PCR kepada Walikota Pariaman Genius Umar dan Ketua DPRD Kota Pariaman Fitri Nora bersama sejumlah kepala dinas dan unsur TNI Polri.

"Kita sudah lakukan tes swab kepada personil yang bertugas di ring satu dan orang yang berdekatan saat Wapres Ma'ruf Amin meresmikan pasar, menanam pohon di Pantai Kata dan saat beliau meninjau vaksinasi Covid-19 lansia di Puskesmas Kuraitaji," ungkap Nazifah.

Nazifah menyebut pihaknya telah melakukan uji usap PCR kepada lebih dari 300 orang hari ini yang dilakukan di Rumah Tabuik Subarang Pariaman.

"Mulai dari jam 07.00 hingga pukul 11.00 Wib dan langsung dikirim ke Labor Unand Padang sembari menunggu hasilnya sekitar 6 jam," terangnya.

Agenda utama Wapres selama di Pariaman adalah meresmikan Pasar Rakyat Kota Pariaman, kemudian meninjau vaksinasi Covid-19 bagi 500 orang lansia dan penanaman pohon jenis Pinago di Pantai Kata Pariaman. (Erwin/OLP)