Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kunjungi Pariaman, Doni Monardo pupuki pohon yang ditanami rombongan Wapres Ma'ruf Amin

15 April 2021 | 15.4.21 WIB Last Updated 2021-04-15T08:01:10Z

Walikota Genius Umar dan Wawako Mardison Mhyuddin dampingi langsung Kepala BNPB Doni Monardo meninjau kawasan 'Ma'ruf Amin' di pantai desa Taluak, Pariaman Selatan. Foto: Junaidi

Pariaman - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo melihat kesungguhan pemerintah Kota Pariaman merawat dan melestarikan lingkungan. Hal itu disampaikan pimpinan lembaga setingkat menteri itu saat mengunjungi sebuah kawasan pantai di Desa Taluak yang baru saja dinamai 'Kawasan Ma'ruf Amin', Rabu (14/5).

"Penghijauan ini adalah bentuk realisasi program vegetasi di pantai Pariaman sekaligus sebagai langkah mitigasi bencana tsunami dan abrasi," kata Doni Monardo.

Monardo mengingatkan bahwa Sumatra Barat merupakan daerah rawan bencana, terutama gempa dan ancaman tsunami. Dengan menanam pepohonan di sepanjang garis pantai, merupakan langkah mitigasi bencana.

Monardo melihat pohon yang ditanam oleh rombongan Wapres Ma'ruf Amin saat berkunjung ke Pariaman pada 6 April 2021 lalu dipagari agar tidak terinjak orang maupun ternak. Bahkan khusus pohon yang ditanam Ma'ruf Amin dipagar tembok dan besi.

"Setelah satu minggu lebih pohon ini ditanam, daunnya masih ada. Ini menunjukkan pohon tersebut berpeluang untuk hidup lebih dari 80 sampai 90 persen," ucap jenderal bintang tiga ini.

Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan dirinya menyadari daerah yang dipimpinnya merupakan zona megatrust dan berpotensi gempa diiringi tsunami. Menyadari ancaman tersebut, ia melakukan berbagai langkah mitigasi guna mengurangi jika suatu kelak tsunami benar-benar terjadi.

"Dengan menanam pohon di seluruh pantai akan mengurangi dampak tsunami. Kita terus tanam di sepanjang pantai khususnya pohon jenis ketapang (katapiang) dan pinago," sambungnya.

Pohon jenis ketapang dan pinago, kata Genius tidak perlu perawatan khusus karena pasir pantai memang habitatnya. Selain itu, ketapang dan pinago layaknya pohon endemik di Pariaman karena sudah ada sejak dulunya dan tumbuh subur.

"Cukup memberi pupuk biasa dan bisa tumbuh subur. Yang diperlukan adalah perlindungan dari hewan ternak, makanya kita pagari," tandasnya.

Selain menyaksikan pohon yang ditanami wapres, Monardo memberi pupuk pohon atas nama dirinya yang ditanam saat rombongan Wapres datang ke Pariaman, namun dia berhalangan hadir karena mesti NTT yang dilanda bencana. (Junaidi/OLP)

×
Berita Terbaru Update