Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Padangpariaman Terima Bantuan Presiden Untuk 9.509 UKM Terdampak Covid-19

17 Oktober 2020 | 17.10.20 WIB Last Updated 2020-10-17T13:43:36Z

Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja  Koperasi dan UKM Padangpariaman, Dewi Roslaini bagikan masker kepada pedagang pasar. Foto: istimewa

Pariaman - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman akan melakukan langkah intervensi membangkitkan kelesuan ekonomi imbas pandemi Covid-19 bagi pelaku usaha di Padangpariaman.

"Perkapita masyarakat menurun karena pandemi Covid-19 karena itu kita akan berusaha menanganinya," ujar Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja  Koperasi dan UKM Padangpariaman, Dewi Roslaini di Pariaman, Jumat (17/10).

Menurut Dewi, selama masa pandemi berbagai sektor ekonomi kerakyatan di Padangpariaman paling terdampak. Mayoritas usaha kecil mikro menengah (UMKM) kesulitan dan banyak mengalami kemunduran ekonomi.

"Sektor UMKM banyak yang kurang pendapatan juga sektor riil lainnya," sambung Dewi.

Untuk mengatasi hal tersebut, imbuh Dewi, Pemkab Padangpariaman akan memberikan stimulus bagi UMKM tersebut yang danaya diambil dari bantuan hibah Bantuan Presiden (Banpres) program BPUM atau bantuan produktif usaha mikro.

Untuk aplikasinya, jelas Dewi, pihaknya sudah melakukan pendataan dan akan memverifikasi sebanyak 21.919 usaha mikro di Padangpariaman agar mendapatkan BPUM.

Dari jumlah data yang dikirimkan, 9.509 usaha mikro di Padangpariaman telah disetujui menerima BPUM dari Banpres tersebut. Masing-masing penerima akan diberi modal usaha sebesar Rp 2,4 juta.

Kepada usaha mikro yang akan menerima Banpres BPUM, bantuan dikirim melalui rekening masing-masing dan disampaikan pemberitahuan melalui BRI notifikasi akun penerima tersebut.

"Bagi masyarakat yang menerima notifikasi dari BRI agar segera menghubungi BRI  terdekat dengan  memperlihatkan KTPe sesuai NIK masing-masing," kata dia.

Dewi berharap Padangpariaman bisa menerima dana Banpres BPUM senilai Rp 52,6 miliar agar usulan 21.919 usaha mikro masyarakat Padangpariaman terpenuhi semuanya.

"Semoga dengan Banpres BPUM ekonomi masyarakat Padangpariaman kembali bangkit," tandasnya. (Tim)


×
Berita Terbaru Update