IKABAGAS Tanjung Pinang Imbau Palon dan Tim Edukasi Masyarakat Saat Kampanye

 

Ketua IKABAGAS Tanjungpinang, Indra Gunawan (Foto : Nanda)

Pariaman - Ikatan Keluarga Batang Gasan (IKABAGAS) di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau meminta agar calon bupati dan wakil bupati Padangpariaman dan tim sukses melakukan pendidikan politik selama berkampanye Pilkada 2020.

"Para calon (cabup dan cawabup) harus memanfaatkan masa kampanye ini untuk mendidik masyarakat agar cerdas berpolitik," kata Ketua IKABAGAS Kota Tanjungpinang, Indra Gunawan di Tanjungpinang, Rabu (14/10).

Menurutnya, selama kampanye para calon berjuang meyakinkan pemilih melalui visi - misi yang disampaikan. Selain itu, paslon dapat menjadikan momen kampanye untuk menampung aspirasi masyarakat.

"Manfaatkan kampanye untuk menampung aspirasi masyarakat, sehingga saat terpilih aspirasi tersebut bisa direalisasikan," kata Indra.

Dikatakan Indra, pendidikan politik bukan tugas pemerintah semata. Hal itu juga menjadi tanggungjawab paslon, terutama saat momen Pilkada.

"Calon punya tanggungjawab untuk meningkatkan kualitas demokrasi masyarakat. Pilkada inilah momennya. Didik masyarakat lebih cerdas dalam berpolitik, sehingga demokrasi kita makin bagus," katanya.

Dia bilang, tiga paslon yang ada juga membuat arah dukungan masyarakat berbeda pula. Perbedaan pilihan yang ada jangan sampai membuat masyarakat terpecah.

Indra juga mengingatkan agar paslon dan timses mengindari penyampaian narasi - narasi kampanye yang menyebabkan masyarakat terpecah.

"Perbedaan pilihan politik hal yang bisa saja. Jangan sampai berbeda pilihan politik mambuat kita terbelah. Jangan ada narasi yang dilemparkan membuat masyarakat terbelah, namun sampaikan narasi persatuan dan membangun," pungkasnya. (Nanda)