Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ekspedisi Merah Putih Jilid 3, KMPP Kibarkan Merah Putih Bawah Laut Pulau Bando

16 Agustus 2020 | 16.8.20 WIB Last Updated 2020-08-16T13:17:05Z
Foto: Junaidi
Pariaman - Komunitas Merah Putih Pariaman (KMPP) kibarkan bendera merah putih di bawah laut dalam Ekspedisi Merah Putih 3 di taman wisata perairan (TWP) Pulau Pieh kawasan Pulau Bando Pariaman, Sabtu (15/8).

Pengibaran bendera merah putih memperingati HUT RI ke-75 di bawah laut tersebut dilakukan oleh 17 orang penyelam bersertifikasi dari KMPP.

Ketua KMPP, Hendri Chaniago mengatakan, ekspedisi merah putih mengibarkan bendera merah putih di dasar laut merupakan bentuk kecintaan komunitasnya pada NKRI - sekaligus mempromosikan wisata bahari yang dimiliki Pariaman.

Ekspedisi Merah Putih, sambung Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman itu, merupakan kegiatan gabungan berbagai organisasi pemuda di Kota Pariaman dalam memperingati hari besar nasional.

"Ekspedisi Merah Putih pertama kali dilaksanakan pada 17 Agustus 2014 yang dinamakan dengan Ekspedisi Merah Putih 1," sambung Hendri.

Hendri menuturkan, pada Ekspedisi Merah Putih 1, pihaknya bekerja sama dengan Universitas Indonesia dan Greentourism dalam upaya aksi penyelamatan lingkungan berupa tranplantasi terumbu karang dan pelepasan penyu di Pulau Angso Duo.

Kemudian pada Ekspedisi Merah Putih 2 dilaksanakan pada Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2014. Dalam ekspedisi tersebut pihaknya juga melakukan aksi penyelamatan lingkungan berupa transplantasi karang, aksi bersih, penanaman pohon dan pelepasan penyu di Pulau Kasiak.

Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75, kata Hendri, gabungan pemuda Pariaman kembali berkeinginan melakukan ekspedisi penyelamatan lingkungan.

"Kita namakan Ekspedisi Merah Putih 3 yang digelar hari Sabtu 15 Agustus 2020 di Pulau Bando dengan melakukan upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut dan aksi penyelamatan lingkungan,” sebutnya.

Karena situasi pandemi Covid-19, tutur Hendri, jumlah peserta yang mengikuti ekspedisi sengaja dibatasi maksimal 40 orang. Peserta berasal dari berbagai institusi yang diundang.

Sejumlah pihak yang ikut serta dalam Ekspedisi Merah Putih 3, beber Hendri, antara lain Tabuik Diving Club, Balai LOKA Pekanbaru (Satker Pieh), KMPP, organisasi pemuda dan wartawan.

"Pemilihan Pulau Bando yang merupakan TWP Pieh karena lokasi ini berpotensi untuk dikembangkan jadi pariwisata minat khusus," pungkasnya.

Dalam ekspedisi merah putih jilid 3, dua bendera dikibarkan di dasar laut. Pertama bendera dengan ukuran 2x3 meter dan 1x10 meter dengan kedalaman 5,6 meter di bawah laut. (Juned/OLP)
×
Berita Terbaru Update