Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pariaman Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Program 1 Rumah 1 Sarjana

6 Mei 2020 | 6.5.20 WIB Last Updated 2020-05-06T12:31:40Z
Foto: Rika
Pariaman - Pemko Pariaman kembali buka pendaftaran program beasiswa satu rumah satu sarjana (Saga Saja) tahun ajaran 2020/2021. Pendaftaran dimulai dari 8 Mei hingga 5 Juni 2020.

"Saga Saja merupakan program memberantas kemiskinan melalui pendidikan vokasi. Tempat pendaftaran di Dinas Dikpora Kota Pariaman," kata sekretaris dinas Dikpora Kota Pariaman, Hertati Taher di Pariaman, Rabu (6/5).

Ia mengatakan Saga Saja merupakan program unggulan Genius-Mardison. Baru saja dilantik pada 2018 silam, program tersebut langsung dijalankan dan terus berkembang hingga kini.

Sementara syarat pendaftaran adalah menyerahkan fotocopy kartu keluarga (KK) dan KTP kota Pariaman. Batas maksimum usia peserta 22 tahun pada Juli 2020, surat tanda kelulusan SLTA sederajat, berbadan sehat, memilih jurusan, serta surat keterangan keluarga kurang mampu dari desa atau kelurahan setempat.

Berbeda memang dengan tahun sebelumnya, tahun ini calon mahasiswa baru bisa diterima di Politeknik Negeri Padang (PNP), Politeknik Akademi Teknologi Industri Padang (ATIP), Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumbar, Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman dan Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI).

Setelah persyaratan di atas lengkap, maka fotocopy persyaratan tersebut dikantongi ke dalam map dengan kategori pendaftar. Untuk PNP mapnya bewarna merah, ATIP map bewarna kuning, Poltekpel Sumbar map bewarna biru sedangkan pendaftar untuk Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman map bewarna hijau.

“Khusus UI kuota bagi 20 orang peserta, tetapi tidak menutupi kemungkinan jika peminatnya banyak dan tingkat kelulusannya tinggi bisa ditingkatkan atas instruksi walikota,“ imbuhnya.

Selama tiga hari pendaftaran, sambung Hertati, sudah banyak calon mahasiswa datang ke dinas. Ia berharap peserta tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya.

"Yang sudah mendaftar hampir sesuai persyaratan, namun tingkat kelulusannya yang kurang. Dan mudah-mudahan anak-anak mempersiapkan diri sebelum mengikuti test," kata dia.

Guna meningkatkan keikutsertaan, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran ke masing desa dan kelurahan di kota Pariaman. Ia berharap langkah tersebut akan menjaring lebih banyak lagi calon mahasiswa baru program Saga Saja. (Rika/OLP)

×
Berita Terbaru Update