Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Target Masuk 5 Besar, Inspektorat Padangpariaman Tingkatkan LPPD

23 Maret 2020 | 23.3.20 WIB Last Updated 2020-03-23T13:10:42Z
Foto: istimewa
Parit Malintang - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman optimis tingkatkan penilaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) yang akan dinilai pada 2020 ini.

Kepala Inspektorat Padangpariaman, Hendra Aswara mengatakan bahwa saat ini review LPPD telah selesai dilakukan sejak seminggu lalu. Review meliputi laporan program dan kegiatan perangkat daerah dan kecamatan yaitu SOP, Renstra, Renja, DPA, Perda, Laporan Keuangan, RKA, dan IKK.

“Setelah dilakukam review, hasil kesimpulannya akan disampaikan ke provinsi untuk selanjutnya akan diperiksa Kementerian Dalam Negeri. Dalam pemeriksaan nanti, semua akan dikroscek,” jelas Hendra di Parit Malintang, Senin (23/3).

Dijelaskannya bahwa LPPD merupakan indikator utama dalam menilai progres report keberhasilan penyelenggaraan pemerintah daerah. Selain itu LPPD merupakan bentuk pertanggungjawaban kinerja pemerintah daerah kepada pemerintah pusat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Ada empat kategori penilaian yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang dan rendah. Pemkab Padangpariaman sendiri pada tahun 2018 meraih penilaian posisi 8 dari 19 kabupaten/kota di Sumbar. Tahun ini, kita target masuk lima besar terbaik,” ujarnya.

Hendra juga menegaskan Pemkab Padangpariaman fokus memperkuat program-program nasional atau Nawacita. Menurutnya, ada tiga hal yang didorong untuk mampu ditumbuhkan di daerah sebagai penopang penyuksesan program nasional.

"Sesuai arahan Bapak Bupati, ada tiga hal yang penting yakni daya inovasi, tingkat partisipasi dan derajat daya serap masyarakat terhadap program daerah," tegas hendra.
 (Tim/OLP)
×
Berita Terbaru Update