Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tak Tercover Ipal Komunal, 1.000 Rumah di Pariaman Terima Bantuan Tanki Septik

19 Februari 2020 | 19.2.20 WIB Last Updated 2020-02-19T14:31:20Z
Kepala Dinas Perkim dan LH Kota Pariaman, M Syukri. Foto: istimewa
Pariaman - Sebanyak 1.000 unit rumah di kota Pariaman akan menerima bantuan pembuatan tanki septik. Semua rumah yang tersebar di empat kecamatan tersebut adalah rumah kategori layak penerima bantuan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim dan LH) Kota Pariaman, M Syukri mengatakan, pembuatan tanki septik bagi 1.000 rumah warga tersebut bersumber dari APBN.

"Dan akan dievaluasi oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)," kata Syukri di Pariaman, Rabu (19/2).

Ia menjelaskan syarat penerima bantuan tanki septik. Rumah penerima bantuan adalah rumah yang berjarak atau menyebar sehingga tidak memungkinkan dibuatkan ipal komunal.

Pada 2019 lalu, ungkap Syukri, pihaknya telah membuat tanki septik komunal dengan kapasitas satu ipal. Artinya kapasitas tersebut mampu menampung 8 hingga 10 rumah.

"Saat pembuatan ipal selesai, pemerintah kemudian melanjutkan pemberian bantuan berupa pembuatan tanki septik individu dengan alasan banyaknya rumah yang lokasinya menyebar," jelasnya.

Pihaknya segera akan melakukan survei lapangan bagi penerima bantuan yang rumahnya telah diusulkan oleh pihak desa.

“Apakah rumah tersebut layak atau tidak mendapatkan bantuan. Prioritas kami masyarakat yang berpenghasilan rendah dan belum mempunyai MCK,“ pungkasnya. (Dewi L/OLP)
×
Berita Terbaru Update