Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Akan Dihadiri Jokowi, Ini Rancangan Skedul Hari Nusantara Nasional di Pariaman

18 November 2019 | 18.11.19 WIB Last Updated 2019-11-18T13:54:42Z
Foto: Nanda
Pariaman - Kemenko Kemaritiman dan Kementerian PUPR rapat dengan panitia daerah Hari Nusantara Nasional Tahun 2019 di Balairung Rumah Dinas Walikota Pariaman, Senin (18/11)

Rapat dipimpin Asisten Deputi Budaya, Seni dan Olahraga Maritim Kemenko Kemaritiman RI, Kosmos Harefa itu untuk merampungkan rangkaian kegiatan Hari Nusantara yang dilaksanakan di Pantai Gondoriah Kota Pariaman pada 9-13 Desember 2019 mendatang. 

Sejumlah kegiatan disusun sebelum dan saat puncak peringatan Hari Nusantara. Di kawasan panggung utama Pantai Gondoriah rencananya akan digelar pameran, pentas hiburan rakyat, penampilan aneka makanan olahan ikan, dan gala dinner. Panitia menggelar parade kapal hias berbagai jenis dan ukuran.

Bakti sosial juga dilakukan seperti pengobatan dan pelayanan kesehatan gratis, operasi bibir sumbing hingga pelayanan KB pria dan wanita

Sementara pada puncak acara direncanakan Presiden Joko Widodo akan menandatangani prasasti dimulainya pembangunan Pasar Pariaman dan menyerahkan sertifikat Green Port.

Masih di acara puncak, presiden, undangan dan masyarakat akan dihibur dengan penampilan tari kolosal anak nagari Pariaman. Aktraksi terjun payung dari penerjun TNI Angkatan Laut dapat disaksikan pengunjung.

Di perairan Pariaman, para mancing mania bertanding memancing ikan dalam iven mancing mania yang dikoordinatori TNI Angkatan Laut.

Asisten Deputi Budaya, Seni dan Olahraga Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Kosmos Harefa mengatakan Kota Pariaman telah ditetapkan lokasi perayaan puncak Hari Nusantara Nasional 2019. 

"Dari pengecekan yang dilakukan persiapan sudah mencapai 50 persen, tempat sangat bagus tidak banyak perbaikan seperti toilet dan sarana kebersihan, serta pelibatan masyarakat lebih banyak," kata dia.

"Kegiatan yang dilaksanakan yang disusun tadi baru rancangan, akan ada perbaikan," sambungnya.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan, Hari Nusantara Nasional berawal dari deklarasi Juanda yang menegaskan bahwa wilayah RI bukan hanya daratan, namun juga lautan. 

"Dengan deklarasi tersebut kesatuan wilayah di Indonesia yang dipisahkan oleh laut dapat diperkuat," ujarnya.

Menurutnya, penyelenggaraan Hari Nusantara Nasional perlu dikeroyok bersama-sama seluruh pihak guna mendukung acara tersebut.

"Untuk kekurangan fasilitas toilet kita akan kerahkan toilet mobile BPBD Kota Pariaman. Jika masih kurang kita minta dukungan dari BPBD se Sumatera Barat," sebutnya.

Usai rapat dilanjutkan dengan survey lokasi Hari Nusantara Nasional 2019 di Pantai Gondoriah. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update