Padangpariaman Susun Kajian Potensi Bencana Daerah

Foto: ASM
Lubuk Alung - Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni meminta seluruh jajaran dan stake holder lebih peduli terhadap potensi bencana daerah. Di samping berdoa, upaya pencegahan juga perlu dilakukan guna mengurangi dampak jika suatu saat peristiwa bencana terjadi.

"Ketika pemerintah sudah tidak peduli dengan kebencanaan maka dapat dianggap sebagai pembunuh berdarah dingin," kata dia saat pelatihan dan penyusunan dokumen kajian daerah terhadap potensi bencana di Lubuk Alung, Kamis (3/10.

Pihaknya tengah membuat master plan penyusunan dokumen sebagai upaya pencegahan bencana. Padangpariaman sendiri merupakan salah satu daerah dengan potensi bencana alam seperti gempa bumi, banjir dan tanah longsor.

Pihaknya juga merencanakan mengadakan simulasi bencana dengan melibatkan masyarakat atas saran dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

“Guna menambah pemahaman masyarakat tentang siaga bencana; baik itu siang  maupun malam hari,” kata dia.

Ia meminta dengan adanya kegiatan tersebut dapat mengecilkan risiko dan dampak kerusakan saat bencana terjadi.

"Para peserta agar mensosialisasikan ilmu yang didapat kepada masyarakat sehingga masyarakat paham dengan kebencanaan dan tindakan tepat yang harus dilakukan ketika terjadi bencana," tandasnya. (Tim)