Lantamal II Padang yang Sering ke Pariaman, Kini beri Puluhan Ribu Bibit Ikan

Lantamal II Padang telah berkali-kali ke Pariaman. Kerjasama strategis terus dipupuk oleh kedua belah pihak. Foto: Junaidi
Pariaman - Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Padang serahkan bantuan sebanyak 90 ribu bibit ikan. Bibit ikan gurami sebanyak 30 ribu, ikan nila 30 ribu dan bibit ikan lele 30.000. Juga diserahkan 3000 pakan ikan dan 3000 bibit mangrove.

Penyerahan yang diberi tajuk Serbuan Teritorial TNI AL 2019 itu dipusatkan di SMK Negeri 3 Pariaman di Desa Mangguang, Kamis (8/8).

Komandan Lantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman mengatakan pemberian dari pihaknya itu diharapkan membantu masyarakat Pariaman, terutama untuk mendukung produktifitas para penambak ikan berbasis kemasyarakatan.

"Kita tidak lagi berperang secara frontal tetapi juga berperang dengan ideologi, bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita, sehingga tidak mudah dibodohi dan dipropaganda, karena mereka miskin, tidak ada pangan dan tidak bekerja," kata dia.

Jenderal bintang satu itu mengatakan saat ini devinisi perang dalam memberantas kemiskinan salah satunya dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil dengan pemberian bantuan yang bersifat produktif.

"Sekarang kita juga harus berperang melawan kemiskinan, perang kebudayaan, perang ketahanan pangan dan perang lingkungan dan ilmu pengetahuan," katanya.

Dikatakan dia, saat ini seluruh matra TNI, darat, laut dan udara, mendapatkan perintah berbuat untuk mengatasi semua hal tersebut. Kota Pariaman salah satu daerah yang dipilih.

Walikota Pariaman, Genius Umar apresiasi kotanya dipilih sebagai daerah Serbuan Teritorial TNI 2019 di Provinsi Sumatera Barat. Ia menyambut baik pemberian bantuan bibit ikan tersebut kepada masyarakatnya.

Di samping semua itu, disebut Genius Umar, pemerintahannya dengan Lantamal II Padang sedang menggagas sebuah program kemaritiman yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. (Juned/OLP)