3 Orang Pengawas Terima Santunan dari Bawaslu Pariaman

Foto; Nanda
Pariaman - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pariaman menyerahkan santunan kepada tiga orang pengawas pemilu yang alami sakit dan kecelakaan saat penyelenggaraan pemilu 2019.        

Penyerahan santunan dilakukan setelah pelaksanaan upacara peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera merah putih dalam rangka HUT RI ke 74 di Kantor Bawaslu Kota Pariaman, Sabtu (17/8).

Pengawas pemilu tersebut masing-masing, anggota Panwascam Pariaman Tengah, Rida Rahman, anggota Panwascam Pariaman Selatan, Ria Melani dan Pengawas TPS 03 Desa Kampung Baru, Doni Pernanda.

Ketua Bawaslu Kota Pariaman, Riswan menjelaskan satunan yang diberikan sesuai sakit yang dialami pengawas pemilu.

"Ada yang mendapatkan santunan Rp 16,5 juta, karena mengalami luka berat patah tulang," jelasnya.

Menurut Riswan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019 yang lalu cukup menguras tenaga sehingga ada pengawas pemilu yang mengalami sakit.

"Pengawasan pemilu sangat padat, terlebih saat pungut hitung dan rekapitulasi hasil pemilu yang dilakukan berjenjang. Selain tiga orang yang sakit beberapa ada pengawas lain yang drop," pungkasnya.

Sebelumnya, Juni 2019 silam, Bawaslu Republik Indonesia menyerahkan santunan kepada pengawas pemilu yang meninggal dan sakit saat penyelenggaraan pemilu 2019. 

Selama penyelenggaraan pemilu sebanyak 92 orang meninggal, sakit rawat inap 398 orang, hingga rawat jalan 1.592 orang. (Nanda)