Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hoyak Tabuik Ramaikan Pawai Ta'aruf Pembukaan MTQ Sumbar di Solok

15 Juni 2019 | 15.6.19 WIB Last Updated 2019-06-15T12:59:20Z
Kafilah Pariaman tampilkan Hoyak Tabuik dan gandang tambue di Pawai Ta'aruf. Foto: istimewa
Pariaman - Ikuti pawai ta'aruf pada MTQ ke-38 tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kota Solok, Sabtu (15/6), kafilah Kota Pariaman suguhkan arak-arak paling meriah.

Arak-arakan pawai ta'aruf tersebut dimeriahkan gandang tambue dan hoyak Tabuik piaman. Rute yang dilalui mulai dari kantor Walikota Solok hingga ke lapangan Merdeka tempat pelaksanaan pembukaan MTQ ke-38.

Sebelumnya, seluruh kafilah berkumpul di halaman Kantor Walikota Solok dan dilanjutkan dengan pelepasan pawai secara langsung oleh Wakil Walikota Solok, Reiner yang ditandai dengan pengibaran bendera start tanda pawai dimulai.

Turut mendampingi pawai kafilah Kota Pariaman, Kakankemenag Kota Pariaman, M Nur, Kabag Kesra Kota Pariaman, Armaizal, Asisten Walikota Pariaman, Sumiramis, beserta seluruh ofisial kafilah Kota Pariaman.

Kabag Kesra Kota Pariaman, Armaizal mengatakan pawai kafilah Kota Pariaman disambut antusiasme oleh masyarakat Kota Solok.

"Kita sengaja berikan suguhan yang meriah untuk mengarak kafilah. Kita mengusung konsep pawai yang membawa tradisi budaya Pariaman yakni gandang tambue dan hoyak tabuik, karena budaya ini sudah melekat dengan Kota Pariaman dan tidak asing lagi bagi masyarakat di Sumatera Barat," kata dia.

Selain itu, peserta pawai juga menyuguhkan baju tradisional adat Pariaman dengan anak daro dan marapulainya yang menambah semangat peserta pawai ta'aruf kafilah.

Armaizal berpesan kepada kafilah mampu memberikan hasil terbaik bagi Kota Pariaman karena tahun kemarin Pariaman peroleh raihan juara umum II sekaligus sebagai tuan rumah.

"Maka setidaknya pertahankan juara tersebut dan bukan tidak mungkin kita akan meraih juara umum I pada MTQ di Kota Solok ini," ungkapnya. (Erwin)
×
Berita Terbaru Update