Kebiasaan Ali Mukhni yang Hadiahi Jemaah Masjid Khatam Alquran

Bupati Ali Mukhni merangkul seorang anak hafizh Alquran pada safari ramadhan di Surau Tangah Padang Korong Ambalau Nagari Koto Dalam Kec Padang Sago, baru-baru ini. Foto: istimewa
Pariaman - Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni bagikan hadiah ke masyarakat yang telah khatam Alquran selama bulan suci Ramadhan. Hadiah berupa uang tunai sebesar Rp250 ribu dari kantong pribadinya.

“Siapa jamaah di sini yang sudah khatam Alquran? Jika ada, silahkan maju ke depan, nanti diberi hadiah. Tapi harus jujur ya, jika bohong berhadapan dengan Allah SWT,” ujar Bupati Ali Mukhni kepada jamaah Surau Tangah Padang Korong Ambalau Nagari Koto Dalam Kec Padang Sago, Minggu (26/5).

Dikatakannya bahwa mengkhatamkan Alquran sekaligus mempelajarinya sangat tepat dilakukan di bulan Ramadhan. Sehingga umat muslim lebih memahami isinya dan ketika setelah bulan Ramadhan diberi hidayah untuk tetap selalu membacanya.

“Banyak pahala khatam Alquran di bulan Ramadhan, di antaranya, menyempurnakan ibadah puasa, pahala ibadah sunah terbaik, amal yang mulia, pahala menuntut ilmu, pahala memahami isinya, terhindar dari azab Allah, dijauhkan dari penyakit hati, mulia di mata Allah, mengikuti teladan Rasulullah dan mendapatkan berkah Ramadhan,” tuturnya.

Orang nomor satu di Padangpariaman  ini juga mengajak warganya untuk rajin bersedekah di bulan Ramadhan karena pahalanya akan dibalas puluhan kali lipat oleh Allah SWT.

“Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah dan pintu surga yang hanya dapat dimasuki oleh orang yang bersedekah,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Bupati Ali Mukhni juga menyampaikan program pembangunan dan pengentasan kemiskinan yang dianggarkan pada APBD 2019. Infrastruktur jalan dan fasilitas umum telah dinikmati oleh masyarakat seperti di Tanjung Mutuih. .   

“Insya Allah, tahun ini kita anggarkan enam unit Rumah Tidak layak Huni di Kecamatan Padang Sago. Usai lebaran nanti dikerjakan dengan swadaya bersama masyarakat,” kata Bupati Ali Mukhni didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Hendra Aswara. (Tim)