Genius Umar: Kades Terpilih Akan Ikuti Diklat Kepamongprajaan

Walikota Genius Umar didampingi Wakil Walikota Mardison Mahyuddin dan Ketua PKK dr Lucy Genius, foto bersama dengan kepala desa terpilih. Foto: Nanda
Pariaman - Pemerintah Kota Pariaman akan memberikan diklat kepamongprajaan tingkat desa kepala desa hasil pemilihan kepala desa serentak (Pilkades) se Kota Pariaman 2019.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan dalam diklat itu kepala desa akan diberikan materi tentang banyak hal terkait pemerintahan desa.

"Ada materi tentang wawasan kebangsaan, ketatanegaraan, pemerintahan daerah, keuangan daerah dan keuangan desa, menajemen pemerintahan desa dan dispilin kepala desa," jelasnya usai melantik 28 orang kepala desa terpilih di Balaikota Pariaman, Senin (27/5).

Genius Umar menjadwalkan diklat dilaksanakan di akhir tahun, setelah empat kepala desa lainnya di Kota Pariaman dilantik.

"Kita tunggu 3 kepala desa lagi yang belum dilantik, satu desa lainnya juga belum dilakukan pemilihan," sumbungnya.

Dalam dilkat nanti, kepala desa juga dibekali tata cara membuat peraturan desa (Perdes). Diklat penting dilakukan, karena kepala desa terpilih didominasi oleh wajah baru.

"Diklat nanti itu penting, karena mayoritas kepala desa terpilih adalah wajah baru. Tentu perlu pembekalan melalui diklat ini," pungkasnya.

Sebelumnya, sebanyak 28 kepala desa hasil pilkades serentak Kota Pariaman 2019 telah dilantik Walikota Pariaman, Genius Umar. Sementara 4 kepala desa lainnya belum dilantik, satu di antaranya belum melakukan pilkades. (Nanda)