Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Humaniora: Cita-cita Penjual Palai Bada yang Ingin Sekolahkan Anak Hingga ke Perguruan Tinggi

5 April 2019 | 5.4.19 WIB Last Updated 2019-04-05T04:22:19Z
Palai bada buatan Rika Afriani gurih dan enak. Foto: Desi
Pariaman - Rika Afriani mungkin salah satu orang yang dicari warga karena dia merupakan seorang pedagang palai bada keliling yang ada di Kota Pariaman. Sudah dua tahun Rika menjajakan palai bada berkeliling Kota Pariaman dengan sepeda kesayangannya.

Palai bada merupakan kuliner yang mirip dengan pepes Jawa. Palai bada terbuat dari bada atau ikan teri basah yang dicampur dengan parutan kelapa, cabai merah, cabai rawit, kunyit, jeruk nipis, daun kunyit, dan serai.

Semua bahan dicampur dan diaduk jadi satu lalu dibungkus dengan daun pisang setelah itu baru di bakar dengan menggunakan arang atau kompor. Palai bada memili aroma khas membangkitkan selera. 

Dari aroma palai bada yang dibakar itu saja sudah membuat perut jadi lapar. Palai bada selain bisa jadi lauk pauk ketika makan dengan nasi, juga bisa jadi kudapan atau dimakan secara langsung.

Rika Afriani hanya membuat palai bada sebanyak 1 kg bada per hari. Bada dibelinya langsung dari Pasar Pariaman. Dari 1 kg bada tersebut Rika mampu membuat 40 hingga 46 porsi palai bada.

Palai bada dijualnya secara berkeliling mulai pukul 13.30 Wib hingga pukul 19.00 dengan harga Rp 3.000 per bungkus. Setiap harinya ia berjualan melewati wilayah Jawi-Jawi, Taratak, Marunggi, Rawang, dan Desa Kampung Baru.

Sehari-hari warga akan dengar Rika berteriak “palai badaaaaa.... lompoang saguuuuuuu.....” sembari mengayuh sepeda bututnya mengelilingi Kota Pariaman. Ya, selain menjual palai bada Rika juga menjual lompong sagu yang berbahan sagu dicampur parutan kelapa yang masaknya juga dibakar.

"Harapan saya dagangan ini bisa terjual habis setiap harinya sehingga bisa membiayai sekolah anak perempuan satu-satunya hingga perguruan tinggi nanti," kata Rika di Kampung Baru, Kamis (4/4). (Desi)
×
Berita Terbaru Update