Piaman Balari: Ali Mukhni "Undang" Pelari Sumbar ke Padangpariaman

Foto: Fadhil
Padangpariaman - Bupati Padangpariaman Ali Mukhni undang seluruh komunitas lari yang ada di Sumatera Barat guna mengikuti iven Piaman Balari Basamo pada 6 April 2019 mendatang. 

Iven ini digagas oleh Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni bersama komunitas Pariaman Berlari dan Padang Trail Runners.

Ali Mukhni mengatakan iven ini merupakan sebuah kegiatan positif yang mesti didukung bersama. Selain menyehatkan tubuh, kegiatan itu diharapkan mampu menghindarkan generasi muda dari kegiatan negatif yang merugikan seperti penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, tawuran hingga LGBT yang marak akhir-akhir ini. 

"Ini kegiatan yang sangat bagus sekali, sudah selayaknya kita apresiasi dan dukung bersama," ujar Ali Mukhni di ruang kerjanya Jumat, (29/3).

Selain itu, kata bupati iven tersebut juga bertujuan memperkenalkan objek wisata yang ada di Padangpariaman yang dikemas  dalam sport tourism yang terdapat di sepanjang rute lari.

"Ini sekaligus dapat mengenalkan keindahan destinasi wisata yang ada di Padangpariaman, seperti pantai Tiram, pantai Ketaping hingga keindahan masjid Syeh Burhanuddin," beber Ali Mukhni.

Ketua Panitia acara, Muhammad Fadhil mengatakan iven tersebut gratis tanpa dipungut biaya. Start di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan finish di Pondopo Bupati Padangpariaman. Jarak yang akan ditempuh mencapai 30 Km melewati pantai Tiram dan masjid Agung Syekh Burhanuddin. 

"Star dimulai usai salat subuh berjemaah yang insyaallah akan dilepas bapak bupati pukul 05:30 WIB," ujar Fadhil.

Fadhil mengatakan kegiatan diperkirakan akan diikuti sedikitnya ratusan pelari dari berbagai komunitas lari yang ada di Sumatera Barat.

"Pariaman Balari Basamo ini sekaligus juga merupakan ajang silaturahmi antar seluruh komunitas lari yang ada di Sumatera Barat," ulas Fadhil.

Bagi masyarakat umum yang ingin berpartisipasi bisa langsung datang ke lokasi star pada hari H. Panitia menyediakan doorprise bagi peserta yang beruntung. (*)