Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peringatan Hari Kanker Sedunia di Pantai Gandoriah Sukses Edukasi Masyarakat

17 Februari 2019 | 17.2.19 WIB Last Updated 2019-02-17T13:05:30Z
Foto: Junaidi
Pariaman - Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kota Pariaman gelar peringatan Hari Kanker Sedunia di Pantai Gandoriah, Minggu (17/2).

Rangkaian kegiatan dimulai dengan senam bersama, penyuluhan tentang kanker, bazar baju bekas untuk donasi, pengobatan gratis dan pembagian door price oleh panitia. Mulai dari sepeda, dispenser, kompor gas, rice cooker dan ratusan hadiah lainnya.

Panitia mendatangkan narasumber Ketua YKI Provinsi Sumatera Barat, Nevi Zuairina Prayitno dan wakilnya Ermawati guna memberikan penyuluhan kanker bagi masyarakat di Pantai Gandoriah. 

Hadir juga Walikota Pariaman, Genius Umar, Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin dan istri, Sekdako Pariaman, Indra Sakti dan istri.

Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan bahwa kanker merupakan penyakit paling mematikan nomor dua di dunia dan diprediksi akan menjelma menjadi penyebab kematian nomor satu di akhir abad ini.

Dia bilang, pola hidup masyarakat yang tidak sehat serta makanan yang serba instan, salah satu faktor penyebab penyakit kanker.

Karena itu, dirinya menyambut baik acara yang digelar oleh YKI Kota Pariaman. Dengan rangkaian acara yang dibuat membuat masyarakat memahami dan menambah ilmu tentang bahaya kanker dan bagaimana menyikapi agar tidak terkena penyakit mematikan tersebut.

"Kita sambut baik acara ini, apalagi dengan datangnya ketua YKI Provinsi Sumbar yang menambah semangat kita untuk terus memerangi penyakit kanker," ujarnya.

Di samping itu, Genius juga berharap agar dinas terkait menjalin kerjasama dengan BPOM untuk memeriksa makanan dan jajanan yang ada di sekolah guna memastikan kandungan bahan kimia yang memicu kanker pada jajanan tersebut.

"Salah satu penyebaran kanker adalah dari makanan, karena itu ke depan kita akan adakan kerjasama dengan BPOM untuk mengecek kandungan bahan makanan yang dijual. Baik di rumah makan maupun jajanan di sekolah," tandasnya.

Ketua YKI Pariaman, Lucy Genius mengatakan bahwa pihaknya telah menggelar beberapa kegiatan guna memperingati Hari Kanker Sedunia yang jatuh setiap tanggal 4 Februari.

"Kita telah memulai dengan penyuluhan ke kecamatan dan desa, melalui program PKK, serta penyuluhan ke ASN dalam wirid bulanan," ucapnya.

Pada puncak peringatan Hari Kanker Sedunia, imbuh Lucy, selain menggelar senam sehat bersama, pihaknya juga menggelar pengobatan gratis, penjualan baju bekas yang dana hasilnya akan didonasikan bagi penderita kanker.

YKI Cabang Kota Pariaman sendiri berdiri pada 2014 lalu dan merupakan YKI pertama di Sumbar. Lucy bilang pihaknya selalu konsen memerangi penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi masyarakat itu.

"Kami berharap agar masyarakat menjalani pola hidup sehat, jauhi rokok, olahraga secara teratur dan memeriksakan kesehatannya secara berkala," ulasnya mengakhiri.

Ketua YKI Provinsi Sumatera Barat, Nevi Zuairina Prayitno mengatakan  menyambut baik usaha yang dilakukan oleh YKI cabang Kota Pariaman.

"Semoga YKI Kota Pariaman semakin solid dan kompak, terus berkarya dan berbuat bagi masyarakat untuk memerangi penyakit kanker," kata dia.

Nevi bilang obat penyakit kanker sangat mahal. Karena itu, lebih baik mencegah sedini mungkin dan mengetahui gejala-gejala penyakit kanker, serta membiasakan pola hidup sehat. (Juned/*)
×
Berita Terbaru Update