KPU Padangpariaman Siapkan 4 Mobil Pickup Distribusikan Logistik Pemilu

Foto: Nanda
Enam Lingkung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padangpariaman mulai hitung jarak, waktu tempuh dan armada yang diperlukan untuk pendistribusian logistik pemilu 2019. 

 Penghitungan tersebut agar pendistribusian logistik dari gudang KPU Kabupaten Padangpariaman dan tiba di seluruh sekretariat PPK tepat waktu. 

"Kami sedang menghitung jarak tempuh, waktu tempuh dan kebutuhan armada angkutan untuk pendistribusian logistik dari gudang KPU ke seluruh sekretariat PPK. Kita ingin memetakan kapan pendistribusian dimulai, agar seluruh logistik tiba di TPS tepat waktu," ujar Ketua KPU Kabupaten Padangpariaman, Zulnaidi di Gadur, Sabtu (19/1). 

Ia memperkirakan pendistribusian logistik pemilu membutuhkan minimal 4 armada mobil pick up, sesuai dengan daerah pemilihan Kabupaten Padangpariaman. Sehingga, pendistribusian dapat dilakukan serentak. 

"Pendistribusian logistik ke kecamatan yang terjauh dari gudang KPU seperti Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Sungai Geringging akan kita lakukan lebih awal. Medan yang dilalui juga cukup berat," lanjutnya. 

 Ia mengatakan pendistribusian seluruh logistik kebutuhan TPS dimulai paling lambat 7 hari sebelum pemungutan dan penghitungan suara. 

"Idealnya, kata dia kotak suara berada 2 hari di PPK, 1 hari di PPS dan 1 hari di TPS setelah logistik mulai bergerak dari gudang KPU Kabupaten Padang Pariaman," kata dia. 

KPU Kabupaten Padangpariaman, lanjut dia, telah mengelompokkan logistik yang saat ini telah tiba di gudang. Pengelompokan dilakukan berdasarkan kecamatan, sehingga memudahkan pengisian seluruh logistik ke dalam kotak suara. 

 "Setelah surat suara dan formulir model C, D, DA dan DB tiba di gudang, kita tinggal mengisikan ke dalam kotak suara saja. Setelah terkelompokkan sesuai kecamatan akan memudahkan pendistribusian," pungkasnya. 

 Kapolres Pariaman, AKBP Andry Kurniawan menyebut gudang logistik KPU Kabupaten Padangpariaman yang berada di Jalan Syeikh Burhanuddin Korong Padang Bungo, Nagari Gadur, Kecamatan Enam Lingkung terletak pada titik yang strategis. 

Apalagi, posisi di wilayah pertengahan wilayah Kabupaten Padangpariaman, akan memudahkan proses pendistribusian logistik ke titik TPS. 

 "Saya telah melakukan pengecekan gudang logistik itu, letaknya strategis. Dari sisi lingkungan, gudang sangat aman karena dikelilingi pemukiman," ujarnya. 

Pihaknya akan memberikan pengamanan pendistribusian logistik dari gudang logistik hingga ke TPS. Pengamanan juga dilakukan saat arus balik logistik dari TPS ke PPS, PPK dan gudang KPU Kabupaten Padangpariaman. 

 "Jumlah personil yang kita turunkan sesuai kebutuhan. Berapa yang dibutuhkan, kita akan turunkan," pungkasnya. (Nanda)