Hanya Ada di Pariaman, Menteri Yohana Yembise Resmikan Forum Lanjut Usia Pertama Indonesia

Menteri Yohana Yembise saat beri sambutan di Pendopo Walikota Pariaman. Foto: OLP
Pariaman - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise meresmikan Forum Lanjut Usia Sehat Sentosa Kota Pariaman Periode 2018 – 2023 di Komplek Rumah Tabuik Subarang Karan Aur Pariaman, Kamis (20/12).

Forum itu dibentuk untuk memberikan perlindungan bagi kaum lansia di Kota Pariaman agar tetap sehat, produktif dan mandiri di usia tua.

Ia mengatakan lansia perempuan sering kali dianggap sebagai beban keluarga dan negara. Padahal kenyataannya masih banyak perempuan lansia yang tetap sehat, produktif dan mandiri di usia tua yang dapat mendukung kemajuan daerah dan negara secara umum.

"Dari seluruh daerah yang saya kunjungi, ini merupakan forum lansia pertama dibentuk di Indonesia. Konsentrasinya dalam memberikan perlindungan kepada lansia di Kota Pariaman. Semoga inovasi-inovasinya berkembang terus khususnya dalam perlindungan lansia," kata Yohana Yembise.

Yohanna menyebut, jika Indonesia termasuk dalam lima besar negara dengan jumlah lanjut usia terbanyak di dunia. Berdasarkan hasil Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) 2015, jumlah lanjut usia di Indonesia sebanyak 21.609.717 juta jiwa atau 8.47 % dari total penduduk.

Statistik Susenas BPS 2004 menunjukkan bahwa 59,12% lansia di Indonesia tergolong miskin. Selain itu, rata-rata pendidikan lansia hanya tamatan sekolah dasar dan tidak memiliki pekerjaan yang tetap.

"Perlindungan sosial bagi lansia menjadi perhatian serius berbagai pihak, termasuk pemerintah dan lembaga masyarakat non pemerintah," ulasnya.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengungkapkan bahwa selain peduli terhadap perempuan dan anak, Pemerintah Kota Pariaman juga sangat peduli terhadap lansia.

"Kami telah mendirikan tempat pariwisata dan taman yang layak anak dan perempuan, salah satunya adalah Pantai Cermin. Hal tersebut adalah bentuk nyata bahwa Pariaman siap untuk memenuhi kriteria sebagai Kota Layak Anak," kata dia.

Di samping itu, imbuh dia, Pemko Pariaman juga konsen memberikan perlindungan dan pemberdayaan kepada kaum lansia, khususnya lansia perempuan. Hal ini dibuktikan dengan didirikannya Forum dan Rumah Lansia Sehat Sentosa.

Forum ini wadah bagi para lansia untuk saling berbagi pengalaman dan menuangkan kreativitasnya, salah satunya dalam bentuk kerajinan tangan, kegiatan menyulam dan merajut, membaca di perpustakaan, pengajian rutin, dan pemeriksaan kesehatan berkala.

"Jadi, umur bukanlah halangan bagi lansia untuk terus berdaya dan berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya,” jelas Genius.

Di akhir kunjungannya, Menteri PPPA dan rombongan meninjau langsung fasilitas yang disiapkan Pemko Pariaman di Comunity Center Rumah Tabuik Subarang. (Nanda)