Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Satlantas Polres Pariaman Terbitkan 108 Tilang Pekan Pertama Razia Gabungan

11 Maret 2018 | 11.3.18 WIB Last Updated 2018-03-11T09:32:42Z
Kasatlantas Polres Pariaman bersama jajaran giatkan sosialisasi keselamatan berlalulintas ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Pariaman. Foto/Nanda
Pariaman ----- Satlantas Polres Pariaman menerbitkan sebanyak 108 lembar surat tilang pada pekan pertama operasi Keselamatan Singgalang 2018.

"Selain tilang, kami juga menerbitkan teguran sebanyak 233 lembar dari tanggal 5 Maret 2018 hingga hari ini," terang Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pariaman Iptu Fitri Dewi Utami, di Pariaman, Minggu (11/3).

Ia mengatakan operasi Singgalang 2018, menyasar para pengguna jalan raya yang melakukan pelanggaran mengakibatkan fatal kecelakaan lalu lintas.

"Pelanggaran tersebut meliputi pengendara yang tidak menggunakan helm, melawan arus lalu lintas, menerobos lampu pengatur lalu lintas, dan kelebihan muatan kendaraan. Ini rawan menimbulkan kecelakaan, karenanya diberlakukan tindakan tegas," ulasnya.

Operasi Keselamatan Singgalang 2018 katanya, lebih mengedepankan langkah pencegahan, yakni 40 persen preemtif , 40 persen preventif dan 20 persen penegakan hukum.

Operasi yang melibatkan personil gabungan dilakukan secara stasioner dan hunting. Anggota Satlantas Polres Pariaman juga melakukan sosialisasi keselamatan seperti pemasangan stiker, spanduk, membagikan brosur keselamatan berlalulintas.

"Kami juga melakukan sosialisasi ke sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas sederajat untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas," kata Fitri.

Kurun waktu 2017, pihak Satlantas Polres Pariaman mencatat 26 kasus kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan korban meninggal dunia. Angka kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan meninggal dunia ini naik 11 kasus dari 15 kasus pada 2016.

Terpisah Kepala Dinas Perhubungan Pariaman, Yota Balad mengatakan pemerintah Kota Pariaman pada 2018 mengupayakan penambahan sejumlah Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) di sejumlah titik guna mencegah dan menekan angka kecelakaan di daerah itu.

"Sejumlah titik lokasi akan kita pasang alat pemberi isyarat lalulintas guna menekan dan mencegah lakalantas," kata Yota Balad. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update