Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Fenomena Supermoon, Ali Mukhni Akan Gelar Salat Gerhana Berjamaah

30 Januari 2018 | 30.1.18 WIB Last Updated 2018-01-30T12:05:45Z
Fenomena supernoon. FOTO/BMKG/tribunnews.com/istimewa
Paritmalintang ---- Pemerintah Kabupaten Padangpariaman bersama pengurus Masjid Jannatussalam Nagari Sungai Buluh Kecamatan Batang Anai, rencanakan penyelenggaraan salat Khusuf atau salat Gerhana Bulan secara berjamaah, Rabu malam (31/1).

Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Ali Mukhni di sela launching Logo dan Maskot Porprov Sumbar ke XV di hall IKK, Senin (29/01).

"Salat Gerhana Bulan tersebut akan diselenggarakan di Masjid Jannatussalam Nagari Sungai Buluh bersama-sama ASN Padangpariaman dan masyarakat sekitar masjid," ungkapnya.

Menurut rencana, salat Khusuf yang diawali shalat Isya itu akan diimani Ustad Adek Flores yang juga imam tetap Masjid Jannatussalam. Sedangkan tausiah akan disampaikan oleh Masrijal Habib, dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padangpariaman.

Menurut Ali Mukhni, salat Khusuf berjamaah dilaksanakan sebagai bentuk taqwa dan tawadhu kepada Sang Pencipta yang telah mengatur alam ini dengan penuh keajaiban fenomena alam.

"Kita saksikan bersama-sama begitu banyak fenomena alam yang terjadi silih berganti, itu menunjukkan ke-Mahabesaran Allah SWT terhadap ciptaannya," katanya.

Gerhana matahari, gerhana bulan, kedatangan meteor, hujan meteor, imbuh Ali Mukhni, semua datang dari Allah. Ada hikmah di balik itu semua karena tidak ada yang tidak mungkin dilakukan Allah.

"Untuk itu, mari kita syukuri fenomena alam yang terjadi dengan berprasangka baik kepada Tuhan pencipta alam dengan bersujud di masjid atau di surau secara berjamaah," ajaknya.

Dikutip dari tirto.id, masyarakat Indonesia bisa menyaksikan fenomena langka supermoon pada 31 Januari 2018 sekitar pukul 20.26 WIB, saat bulan sudah mencapai fase puncak, atau full moon, berdasarkan jadwal yang bisa dilihat di timeanddate.com.

Masyarakat di wilayah Indonesia Tengah, bisa menyaksikan supermoon pukul 21.26 WITA, dan pukul 22.26 WIT bagi masyarakat di wilayah Indonesia Timur.

Namun, waktu terbaik untuk melihat supermoon adalah sesaat setelah moonrise atau saat bulan baru saja muncul dari garis horison. Pada 31 Januari, moonrise di Indonesia diperkirakan terjadi pada 18.08 WIB.

Moonrise di wilayah Indonesia Tengah pada pukul 18.36 WITA, dan di Indonesia bagian timur pukul 17.42 WIT.

Menurut NASA, supermoon pada 31 Januari adalah supermoon terbaik dari yang muncul sebelumnya. Pasalnya, supermoon kali ini bersamaan dengan gerhana bulan dan menjadi supermoon kedua pada Januari 2018. (ASM/OLP)
×
Berita Terbaru Update