Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Seluruh Sertifikat KPT Tarok City Tuntas Tahun 2018

16 November 2017 | 16.11.17 WIB Last Updated 2017-11-16T12:02:27Z

Kayutanam --- Berbagai petinggi perguruan tinggi negeri telah meninjau calon lokasi kampusnya di Kawasan Pendidikan Terpadu (KPT) di Tarok, Nagari Kapalo Hilalang, karib disebut Tarok City.

Beberapa hari lalu, Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri bersama Kepala Subdirektorat Pinjaman dan Hibah Kemenkeu RI Zandy Akbar Rassat dan sivitas akademika UNP, datang melihat lokasi Tarok City.

Di Tarok sudah menunggu Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur bersama beberapa pimpinan OPD dan tokoh masyarakat Piaman Wiztian Yoetri yang juga komisaris PT. Semen Padang.

Setelah melihat langsung ke lokasi, Ganefri mengaku lokasi yang dilihatnya sangat representatif untuk pembangunan kampus UNP. Wajah cerah terpacak dari wajah orang nomor satu di tubuh UNP tersebut.

Ganefri menargetkan tahun depan sudah bisa memulai pembangunan kampus baru di KPT Tarok City. Untuk mewujudkan rencana tersebut, Direktorat Pinjaman dan Hibah Kementrian Keuangan RI kata dia, telah sepakat memberikan bantuan berupa pinjaman dana sebesar Rp600 miliar kepada UNP.

“Semangat kami untuk membangun kampus baru di Tarok City, akhirnya mendapat sokongan dana dari Kementrian Keuangan. Oleh karena itu, hari ini kami bersama melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan di Tarok,” ujarnya dengan bangga.

Menurutnya, Pemkab Padangpariaman sudah menyiapkan lahan seluas 80 hingga 120 hektare untuk membangun beberapa bangunan yang rencananya akan dilengkapi sejumlah fakultas baru. Di antaranya Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan Prodi Keperawatan dan gedung baru untuk Fakultas Pariwisata yang juga dilengkapi fasilitas hotel.

“Untuk tahap pertama memang baru ada dana Rp600 miliar berupa pinjaman dana hibah dari Kementrian Keuangan. Ke depan, kami juga mencari pinjaman ke Islamic Development Bank (IDB),” jelas mantan Koordinator Kopertis Wilayah X ini.

Selain mencari sumber-sumber tambahan dana, kata Ganefri, Pemkab Padangpariaman akan mengupayakan tanah yang akan dibangun kampus UNP ini untuk diterbitkan sertifikatnya dalam waktu dekat.

Jika urusan sertifikat tanah bisa selesai dengan cepat, otomatis pembangunan juga terealisasi secepatnya. “Besok ada prosesi serah terima terkait penyerahan asset antara Pemkab Padangpariaman dengan UNP. Dalam acara tersebut, akan dihadiri sejumlah pihak terkait,” ungkap Ganefri.

Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyebutkan, di kawasan Tarok City akan dibangun kampus UNP, ISI Padang Panjang, UIN Imam Bonjol, Politeknik Negeri Padang, serta sejumlah Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dan rumah sakit.

“Semangat kami membangun Tarok City tahap demi tahap sudah mulai kelihatan progress-nya. Untuk pengukuran tanah sudah selesai 100 persen. Kami berterima kasih atas dukungan dari semua pihak, terutama masyarakat,” ujarnya.

Sekarang, ujar dia, Pemkab Padangpariaman sedang bekerja keras untuk segera menerbitkan sertifikat seluruh lahan yang jumlahnya seluas 697 hektare. Oleh sebab itu, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional.

“Sekarang baru 5 hektare yang sudah keluar sertifikatnya. Kami usahakan tahun depan masalah sertifikat diselesaikan,” pungkasnya. (Tim)
×
Berita Terbaru Update