Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lakukan Patroli Rutin, Polsek Nansabaris Perketat Penjagaan Mako, Bank dan Kantor Pemerintahan

19 November 2017 | 19.11.17 WIB Last Updated 2017-11-19T11:24:27Z
ilustrasi
Pauhkambar --- Polsek Nan Sabaris Padangpariaman optimalkan penjagaan Mapolsek dan asrama dengan patroli jalan kaki keliling Mako. Patroli keliling itu dilakukan guna mengantisipasi masuknya orang asing atau tidak dikenal yang ingin melakukan teror di lingkungan Mapolsek Nan Sabaris.

Kapolsek Nan Sabaris Iptu Irwan Sikumbang menegaskan, patrol jalan kaki keliling komplek Mapolsek dilakukan setiap saat oleh beberapa anggota piket penjagaan. Tidak hanya itu, arah piket penjagaan langsung menghadap pintu gerbang utama Mako.

“Patroli jalan kaki kita lakukan setiap saat, terutama pada jam-jam kecil karena sangat rawan,” ujarnya.

Menurut Irwan, kewaspadaan tidak hanya dilakukan pasca terjadinya serangan teror yang menghanguskan Mapolres Dharmasraya beberapa waktu yang lalu, namun telah menjadi standar baku pengamanan asset Polri, baik Mako ataupun anggota.

“Bukan karena kejadian yang di Dharmasraya itu saja. Pengamanan yang ini sudah baku, bagaimana kita mengamankan asset negara, baik itu Mako, asrama ataupun anggota yang bertugas,” ulasnya.

Sedangkan untuk mengantisipasi masuknya jaringan pelaku teror di daerahnya, ia mengaku telah melakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat, pemuda, tokoh agama yang ada di nagari untuk saling menginformasikan terhadap keberadaan kelompok atau orang baru yang mencurigakan.

Disamping itu, pihaknya juga mengintensifkan peran Bhabinkamtibmas di wilayah masing-masing dalam menyampaikan materi anti radikalisme sebagai langkah pencegahan paham radikal.

“Kita juga lakukan kontra radikalisme dengan melakukan pencegahan terhadap paham-pahamnya. Kita libatkan para Babinkamtibmas menyampaikan bahaya paham radikal kepada masyarakat,” sebutnya.

Meskipun situasi di wilayah Polsek Nan Sabaris terpantau kondusif, namun pihaknya terus waspada terhadap segala kemungkinan yang terjadi.

“Kita tetap harus waspada, bagaimanapun kondisi saat ini, namun kewasapadaan harus kita kedepankan,” katanya.

Selain melakukan patroli jalan kaki, Irwan juga menambah jumlah anggota piket pejagaan dua kali lipat. Tujuannya adalah memaksimalkan penjagaan. Sedangkan patroli wilayah, pihaknya masih tetap melakukan patroli “show off”, berkeliling tempat rawan seperti bank, pasar dan kantor instansi pemerintahan.

“Partoli itu juga, berkeliling dengan mobil patrol ada juga dengan motor. Kita pantau terus pada titik rawan seperti bank, pasar dan bangunan pemerintahan,” pungkasnya.

Irwan merupakan Kapolsek Nan Sabaris baru menjabat menggantikan Iptu Pamudji. Ia sebelumnya betugas di Mapolres Padangpariaman sebagai Kasubang Humas Polres Padangpariaman. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update