Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kecamatan Enam Lingkung Terima Anugerah PAUD Tingkat Nasional Tahun 2017

22 November 2017 | 22.11.17 WIB Last Updated 2017-11-22T09:31:08Z

Tangerang --- Kecamatan Enam Lingkung harumkan nama Kabupaten Padangpariaman sekaligus provinsi Sumbar dengan menerima anugerah PAUD tingkat nasional tahun 2017.

Penyerahan anugerah PAUD tersebut dilakukan langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo kepada pihak-pihak yang berperan bagi peningkatan akses dan layanan pendidikan usia dini (PAUD) di Indonesia, bertempat di Allium Hotel Kota Tanggerang, Provinsi Banten (20/11).

Iriana yang juga merupakan Bunda PAUD Indonesia menyerahkan Anugerah PAUD secara simbolis kepada delapan orang penerima: dari unsur Bunda PAUD, Sosok Peduli dan Organisasi Mitra PAUD.

Jumlah penerima anugerah PAUD 2017 sebanyak 164 orang yang terdiri atas 5 orang bupati, 5 kepala dinas pendidikan, dan 25 orang kepala desa se Indonesia.

Selanjutnya Bunda PAUD sebanyak 55 orang, Tokoh atau Sosok Peduli PAUD sebanyak 6 orang, Lembaga atau Organisasi Mitra PAUD sebanyak 8 orang, pemenang Festival dan Kreativitas PAUD 15 orang dan pemenang Lomba E-Book PAUD, Edy Game PAUD, dan Lomba Cerita PAUD sebanyak 45 orang.

Dalam sambutannya Iriana Joko Widodo memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh pihak yang telah berjasa dalam menumbuhkembangkan PAUD sebagai salah satu pendidikan kemasyarakatan di Indonesia.

Direktur Pembinaan PAUD Kemendikbud RI Ella Yulaelawati menyebutkan, pemberian penghargaan anugerah PAUD tingkat nasional 2017 mengambil tema PAUD Berkualitas Universal Kunci Keberhasilan Masa Depan.

"Pemberian anugerah PAUD ini berdasarkan kriteria yang telah disepakati sehingga terpilihlah sebanyak 164 orang peserta yang akan menerima penghargaan," jelas Ella.

Rangkaian kegiatan penganugerahan PAUD tingkat nasional ini juga dilaksanakan semiloka/ lokakarya yang dilaksanakan sehari sebelumnya dengan narasumber berbagai pihak yang telah berhasil dalam mengembangkan PAUD di wilayahnya.

Meteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendi dalam eksposnya mengatakan, PAUD merupakan investasi berharga untuk masa yang akan datang, karena itu butuh sentuhan negara dan penanganan secara uneversal dimana keluarga miskin tentunya menjadi prioritas utama.

"Bunda PAUD merupakan pelukis dan pemahat generasi yang akan datang. Bunda PAUD telah membuka akses pendidikan PAUD dan Bunda PAUD sebagai pekerja sosial telah banyak berbuat untuk itu perlu sentuhan Bapak PAUD dalam mendukung ini dalam bentuk dukungan anggaran yang diberikan," paparnya.

Sementara Camat Enam Lingkung Rudy Repenaldi Rilis---ebagai salah satu dari lima camat yang memperoleh anugerah PAUD tingkat nasional tahun 2017---menyampaikan rasa syukur dan ucapan terimakasih kepada Bupati Padangpariaman, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan seluruh pihak atas dukungan dan kerjasamanya dalam mengembangkan pendidikan PAUD di kecamatan Enam Lingkung.

"Peran kepala UPT Pendidikan, nagari, guru PAUD dan seluruh komponen masyarakat sangat besar sehingga bisa mencapai prestasi ini," terang Rudy

Camat berprestasi kabupaten Padangpariaman tersebut juga menyampaikan sebanyak 28 orang guru PAUD yang tersebar dalam 11 PAUD di Kecamatan Enam Lingkung telah dianggarkan honornya melalui dana nagari setempat dan merupakan kebijakan bersama yang telah disepakati dengan para walinagari se kecamatan Enam Lingkung.

"Tentunya pekerjaan rumah dalam mengembangkan PAUD ini sangatlah besar dan kita akan berupaya bagaimana ada pihak ketiga yang mau sebagai donatur pembina PAUD yang nantinya akan dituangkan dalam MoU," imbuhnya.

PAUD sebagai lembaga pendidikan masyarakat, kata dia, lebih terlihat besar perannya dalam bentuk partisipasi, baik dalam penyediaan lahan sampai dengan partisipasi dalam operasional PAUD itu sendiri.

Selain dihadiri penerima anugerah PAUD 2017, acara itu juga dihadiri oleh istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla. (Tim)
×
Berita Terbaru Update