Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gunakan Mekanisme Pilkada, SMA 2 Pariaman Pilih Ketua OSIS

20 September 2017 | 20.9.17 WIB Last Updated 2017-09-20T12:50:53Z

Pariaman --- KPU Kota Pariaman bimbing acara debat kandidat calon ketua OSIS di SMA Negeri 2 Pariaman, Rabu (20/9) siang. Debat dan penyampaian visi misi calon ketua OSIS itu, menjadi salah satu tahapan pemilihan ketua OSIS yang menerapkan tahapan Pilwako Pariaman. Sebelumnya, tahapan pemilihan ketua OSIS diawali dengan tahapan pembentukan panitia penyelenggara adhoc dan pemutakhiran data pemilih.

Layaknya debat calon kepala daerah, empat calon ketua menyampaikan visi dan misi unggulan program siswa di sekolah tersebut ke depannya. Visi dan misi yang disampaikan, nantinya menjadi satu satu pertimbangan siswa saat menentukan pilihan pada pungut hitung suara. Adu gagasan dan ide dari satu kandidat dengan kandidat lainnya menghangatkan suasana. Debat dimulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 13.00.

Koordinator divisi perencanaan program dan data KPU Kota Pariaman Alfiandri Zaharmi mengatakan, pelaksanaan debat kandidat atau calon ketua OSIS yang baru pertama kali dilaksanakan di SMAN 2 Pariaman ditujukan untuk memberikan pengalaman sejak dini kepada siswa tentang tahapan dan teknis pelaksanaan pilkada.

Tahapan pemilihan ketua OSIS yang menerapkan tahapan pilkada merupakan secara utuh, namun waktu pelaksanaan disesuaikan dengan waktu sekolah.

“Dimulai dari tahapan awal hingga tahapan akhir dirangkum dalam waktu satu bulan,” jelasnya.

Menurut dia, debat kandidat akan mendorong siswa menjadi pemilih rasional dengan mempertimbangkan visi dan misi kandidat saat memberikan suara pada pemilihan ketua OSIS.

“Dengan memperhatikan visi dan misi yang saat ini kita harapkan siswa mulai menentukan pemilihan secara rasional. Nantinya siswa yang merupakan pemilih pemula, tetap rasional menentukan pilihan pada Pilwako Pariaman 2018 mendatang,” ulasnya.

Ketua KPU Kota Pariaman Boedi Satria mengatakan, pihaknya berkomitmen mendampingi sekolah SMA, SMK dan MA di kota Pariaman yang ingin melaksanakan pemilihan ketua OSIS dengan menerapkan tahapan pilkada.

Hingga saat ini, kata dia, pihaknya telah menerima permintaan dari beberapa sekolah yang ingin didampingi pemilihan ketua OSISnya oleh KPU.

“Ada beberapa sekolah SMA yang koordinasi dengan kita menyatakan keinginan untuk didampingi pelaksanaan pemilihan ketua OSISnya. Kita siap damping sejak awal,” komitnya.

Ditambahkan Boedi, selain sosialisasi tahapan pilkada sejak dini kepada siswa, pemilihan ketua OSIS dengan mekanisme tahapan pilkada merupakan bentuk pendidikan politik yang dilaksanakan oleh KPU Kota Pariaman sebagai penyelenggara pemilu.

KPU Kota Pariaman, lanjut dia, tidak semata-mata memiliki kegiatan saat pelaksanaan tahapan pilkada saja. Namun kegiatan rutin seperti pendidikan politik terus dijalankannya.

“Ini salah satu program pendidikan politik KPU Kota Pariaman. Dengan pemilihan ketua OSIS seperti yang dikemas saat ini, akan memberikan pemahaman kepada pelajar akan pentingnya pilkada sebagai salah satu instrumen demokrasi,” sebut dia.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 2 Pariaman Baharudin, menyambut baik pelaksanaan pemilihan ketua OSIS sesuai dengan tahapan pilkada. Meski secara waktu pelaksanaan tidak persis sama dengan pilkada, namun penerapan tahapan pilkada pada pemilihan ketua OSIS memberikan pengalaman dan pendidikan politik kepada siswa di sekolah yang ia pimpin.

“Ke depan di pemilihan OSIS periode berikutnya kita tetap bisa didampingi KPU Kota Pariaman. Ini harus dilanjutkan,” harapnya mengakhiri. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update