Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pengurus FKS Padangpariaman Dikukuhkan

20 Juli 2017 | 20.7.17 WIB Last Updated 2017-07-20T00:31:49Z

Parikmalintang -- Tugas Forum Kabupaten Sehat (FKS) Kabupaten Padangpariaman ke depan semakin berat dan komplek. Selain muncul dari kondisi yang ada di lingkungannya, juga mengubah perilaku masyarakat agar mencerminkan sikap hidup sehat. Perilaku tidak sehat merupakan awal dari penyakit yang dialami seseorang.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua FKS Padangpariaman, Rahmat Tuanku Sulaiman, Rabu (19/7/2017) saat pengukuhan pengurus FKS Padangpariaman periode 2017-2020 di Aula Kantor Bupati, Parikmalintang. Pelantikan FKS sendiri oleh Staf Ahli Setdakab Padangpariaman, Taslim.

Menurut Rahmat, perilaku sehat tidak tergantung dengan hanya tingkat pendidikan semata. Ada orang yang berpendidikan tinggi, punya mobil mewah, namun dirinya membuang sampah dengan enaknya dari mobilnya ke jalan raya. Perilaku ini sering ditemui di jalan raya saat mengendarai motor atau mobil lainnya.

“Tugas FKS antara lain memberikan masukan kepada pemerintah daerah terkait Forum Kabupaten Sehat ini. Ini bukan pekerjaan mudah, tapi juga tidak sulit jika dilakukan  bersama-sama. Ketika masyarakat bergerak bersama, maka program tersebut bisa dilaksanakan,” tutur  Rahmat.

Dikatakan Rahmat, indikator-indikator keberhasilan FKS memang cukup banyak. Seperti kebersihan dan lingkungan sehat di pasar, obyek-obyek wisata, pemukiman dan sanitasinya.


“Pemahaman terhadap pentingnya apa yang dicapai FKS perlu dukungan semua pihak, termasuk organisasi perangkat daerah. FKS tidak bisa jalan tanpa dukungan semua pihak. Bagaimana mengintegrasikan FKS dengan stakeholder, pemerintahan nagari, sehingga akan menghasilkan program yang sesuai dengan misi dan visi FKS," sambung dia.

Sementara itu, Staf Ahli Taslim menyebutkan, kehadiran pengurus FKS yang dilantik hari itu memberikan arti dan makna bagi Kabupaten Padangpariaman. Karena komposisi pengurus yang seimbang antara jurnalis, birokrat/ASN dan tokoh masyarakat.

"Perilaku sehat ini memang sulit untuk dilaksanakan. Sebagai ilustrasi saja, ketika ASN di lingkungan Pemkab Padangpariaman mengadakan halal bi halal beberapa waktu lalu, usai acara masih banyak ditemui sampah yang berserakkan. Bandingkan dengan negara-negara maju, berapa pun banyak yang hadir, toh sampahnya tidak terlihat. Masing-masing peserta menjaga setiap sampah yang dihasilkannya. Tidak membuang sampah sembarangan,” kata Taslim. 

Pengurus FKS Padangpariaman yang dilantik hari itu yakni, Ketua Rahmat Tk. Sulaiman, Wakil Ketua Taslim, Sekretaris, Armaidi Tanjung dan Bendahara Basiar.

Kemudian Seksi Advokasi dan Humas Ketua Andri Satria Masri, Sekretaris Tk. Ahmad Damanhuri, anggota Bustanul Arifin dan Zakirman Tanjung.

Seksi Perencanaan dan Evaluasi, Ketua Sukiman, Sekretaris Harmen Aminuddin, anggota Nofriyanti dan Trismayeni.

Seksi Program, Ketua Zairil, Sekretaris Zulherman, anggota Alfitri Yenti. Seksi Sarana dan Prasarana, Ketua Efinaldi, Sekretaris Risma Yunia Harnika, anggota Vitria Anita.

Sedangkan untuk Sekretariat, Gusniati, Charessa Iswandi, Ikhwan dan Sari Bulan.

TIM
×
Berita Terbaru Update