Mampu Telan Seekor Babi, Ular Sepanjang 5 Meter Ditangkap Warga


Sungaigeringging -- Warga Korong Lambeh, Nagari Malai III Koto, Kecamatan Sungai Geringging digegerkan dengan penemuan ular jenis piton sepanjang 5 meter, Kamis (27/7) siang. Ular itu berhasil ditangkap saat beristirahat di kebun milik salah seorang warga.

Pantauan wartawan di lapangan, ular piton dengan perut besar usai menelan babi hutan itu, menjadi tontonan warga masyarakat yang kala itu menghadiri kegiatan aksi sapta pesona yang tidak jauh dari lokasi penemuan ular itu.

Buyung Enek, 46 tahun, pencari madu hutan yang berhasil menangkap ular piton tersebut mengatakan, ular yang berbobot puluhan kilogram itu dalam kondisi kekenyangan usai menelan seekor babi ukuran sedang di salah satu kebun warga.

“Yang punya kebun bilang ada ular di kebunnya, saya kesana ternyata memang ada, sepertinya kekenyangan,” jelas Buyung Enek.

Menurut Buyung, tidak sulit dan tidak butuh waktu lama menangkap ular piton itu. Ular yang kekenyangan usai makan besar dan malas bergerak dengan mudah ia angkat sendiri dari kebun ke pinggir jalan.

“Ularnya sudah kekenyangan, makanya bisa diangkat sendiri,” ulasnya.

Dikatakannya, penemuan ular hari ini merupakan penemuan kali keduanya. Sebelumnya satu bulan yang lalu, Buyung Enek juga menemukan ular piton dengan panjang yang nyaris sama.

Saat ini, kedua ekor ular piton itu menjadi tontanan oleh warga sekitar yang ingin mengabadikan potret ular tersebut. (Nanda)