Idarussalam Imbau 41 Bamus Nagari Hasil Pemekaran Awasi Penggunaan Anggaran




Bupati Padangpariaman diwakili Asisten Setdakab Idarussalam, didampingi Camat V Koto Kp. Dalam Syafril, hadiri pelantikan sebanyak 41 anggota Badan Musyawarah (Bamus) delapan (8) nagari-- termasuk 6 nagari hasil pemekaran Nagari Sikucua dan Nagari Campago di aula kantor camat setempat, Senin (27/2/2017).

Idarussalam menyatakan, anggota Bamus Nagari di wilayah V Koto Kp. Dalam yang baru dilantik itu, diharapkan mampu menyerap aspirasi masyarakat sesuai dengan harapan pemerintah daerah. Bamus menurutnya mesti ikut mewujudkan visi pemerintah menjadikan warga Padangpariaman yang cerdas bernafaskan Islam.

"Bamus Nagari dalam fungsi pengawasan juga dapat mewujudkan terlaksananya penggunaan anggaran di nagari yang tepat guna," ujarnya.

Ia berharap, setiap nagari mampu melahirkan peraturan nagari yang memihak kepada masyarakat sehingga tercapai kesejahteraan masyarakat yang dicita-citakan.

Ketua Bamus Nagari Sikucua Barat, Ali Darma menyatakan pihaknya akan membangun sesuai dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat setempat. Pihaknya bersama walinagari akan menyatukan visi untuk percepatan pembangunan di nagari pemekaran tersebut.

"Untuk menjaga kekompakan tersebut kita akan menyatukan seluruh element yang ada di nagari. Tentunya melalui unsur-unsur yang ada seperti tokoh agama, tokoh adat, ninik mamak, serta pemuka masyarakat," kata dia.

Disamping unsur tersebut sambung Ali, pihaknya akan membentuk pemberdayaan di bidang SDM, Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan, Wisata, Budaya dan Agama.

"Karena nagari kita hasil pemekaran, langkah awal kita yaitu mempersiapkan penitia pemilihan walinagari. Sebelum ada walinagari definitif kita jalin kerjasama dengan penjabat walinagari," ungkap dia.

Nagari Sikucua Barat sendiri mempunyai empat (4) orang anggota Bamus. Bamus memiliki peran sebagai lembaga legislasinya di pemerintahan nagari.

TIM